Kamis 13 Dec 2012 16:27 WIB

Ayah Norah Jones Meninggal

Rep: Nur Aini/ Red: Indah Wulandari
Pandit Ravi Shankar
Foto: thetimes
Pandit Ravi Shankar

REPUBLIKA.CO.ID,SAN DIEGO -- Maestro sitar India, Pandit Ravi Shankar meninggal di rumah sakit di San Diego dalam usia 92 tahun.

Shankar merupakan ayah dari penyanyi dan penulis lagu Amerika Serikat, Norah Jones. Kantor Perdana Menteri India menyebutnya sebagai harta nasional. Lantaran banyak mempengaruhi musisi besar dunia, termasuk the Beatles dan Rolling Stones.

"Meski kali ini waktu yang menyedihkan, tetapi juga waktu bagi kami semua untuk berterimakasih dan bersyukur, dia pernah menjadi bagian dari hidup kami, " tulis pihak keluarga dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Al-Jazeera, Kamis (13/12).

Aktris dan keponakan Ravi Shankar, Mamata Shankar mengatakan pamannya memiliki banyak rencana di masa tuanya. "Dia sudah berumur 92 tahun tapi hatinya seperti anak-anak. Salah satu rekan dekatnya datang dari Los Angeles dan dia memberitahu kami kalau dia merencanakan banyak hal, " kata dia.

Shankar membantu pecinta musik klasik, jazz, dan rock di negara Barat menemukan kembali tradisi musik India selama delapan dekade karirnya. Dia merupakan ikon musik hippie pada 1960an. Dia pernah bermain musik dengan The Beatles. Beatle George Harrison menjulukinya sebagai ‘Godfather musik dunia'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement