Senin 19 Nov 2012 11:57 WIB

Pesona Suzhou, Kota Air dari Timur

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani
Salah satu pemandangan di Kota Suzhou, Cina.
Foto: reuters.com
Salah satu pemandangan di Kota Suzhou, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, SUZHOU -- Ingin liburan unik dan menarik? Sepertinya wisata kota air bisa menjadi pilihan. Untuk menuju ke sana, anda tak perlu jauh-jauh ke kota Venezia, Italia yang sudah terkenal sebagai kota air. Anda cukup pergi ke kota Suzhou, Cina.

Suzhou merupakan kota yang dijuluki sebagai Kota Air dari Timur. Sebagai bagian dari provinsi Jiangsu, Suzhou memiliki sejarah budaya lebih dari 2.500 tahun. Wilayah ini berada sekitar 1.400 km sebelah selatan dari Beijing dan sebelah barat kota Shanghai. Untuk menuju kota air ini anda cukup menaiki kereta ekspress selama 30 menit dari kota Shanghai.

Di kota unik ini terdapat saluran air dan taman-taman nan mempesona. Di antara taman terbaik Suzhou adalah Taman Administrator Humble. Ini adalah taman klasik terbesar di Suzhou dan salah satu dari empat kebun terkenal di Cina. Tak hanya itu, kota air ini juga memiliki lebih dari 300 sungai, danau, dan 20 ribu saluran air.

Para wisatawan juga bisa menikmati jalan-jalan air dengan menaiki kapal kayu. Bagi anda pecinta kuliner, deretan restoran dengan hidangan lokal dan moderen akan memanjakan lidah anda. Rasa makanan yang ditawarkan di restoran-restoran di sini relatif ringan.

Anda juga dapat menikmati pangsit boneka yang terbuat dari tepung beras ketan. Kenikmatan liburan akan terasa puncaknya saat meminum teh tradisional Cina di sepanjang jalan-jalan air (tea house). Bukan hanya makanan dan keindahan kota, anda pun bisa menikmati suasana perpaduan budaya setempat dengan moderen.

"Bukan hanya masakan tetapi bahkan gaya hidup di sini berbeda dari kota-kota lain di Cina. Kenyamanan adalah kata kunci di sini," kata pengunjung Zhou Xian seperti dikutip dari Times of India, Senin (19/11).

Bagi anda pecinta musik dapat mengunjungi museum China Kunqu Opera di kota air ini. Di museum ini ada lebih dari 100 peninggalan budaya terkait opera termasuk naskah asli dari beberapa opera terkenal di Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement