Kamis 11 Oct 2012 23:00 WIB

10 Hal yang Bisa Anak Pelajari di Playgroup (1)

Rep: Umi Lailatul/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: abc.net.au
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum memasuki sekolah yang sesungguhnya, maka tak ada salahnya Anda 'menyekolahkan' balita Anda di playgroup (kelompok bermain). Karena pelajaran yang akan diterima si kecil saat ikut playgroup bisa mempengaruhi perkembangannya ke depan secara positif. 

Apa saja sih yang bisa dipelajari si anak saat mengikuti kelompok bermain? Berikut adalah 10 hal tersebut seperti dikutip dari laman babble.com:

1. Membangun hubungan baik anak-guru

Hubungan baik dengan guru adalah kunci utama agar proses pembelajaran anak berjalan efektif. Melalui kelompok bermain, anak Anda bisa belajar untuk lebih responsif dan berlatih mendengarkan instruksi orang yang lebih dewasa ( gurunya). Penelitian menunjukkan bahwa hubungan anak-guru saat masa prasekolah dapat memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan otak, kesehatan mental, dan keterampilan interpersonal.

2. Berhubungan dengan teman sebaya

Perkembangan keterampilan sosial juga menjadi salah satu yang bisa anak pelajari saat mengikuti kelompok belajar. Melalui interaksi dengan teman sebaya, anak-anak belajar untuk berbagi, berkomunikasi dengan tepat, belajar untuk mengatur perilaku dan emosi mereka saat berinteraksi dengan orang lain.

3. Belajar melalui bermain

Bermain sangat penting untuk perkembangan anak. Ketika anak-anak bermain, tanpa disadari mereka juga sedang melewati proses pembelajaran. Dengan bermain, mereka dapat lebih berpengalaman, mampu mengekspresikan diri dan kreativitas mereka. Saat bermain juga, akan terbentuk memori lebih baik, penggunaan bahasa, pemecahan masalah, dan mengajari mereka berpikir tingkat tinggi. 

4. Belajar membaca

Tidak ada salahnya guru untuk mengajak anak membaca buku interaktif. Kegiatan ini harus dirancang untuk memperluas kosakata mereka dan mendorong mereka untuk bertanya dan menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka baca. Sambil membaca, tidak ada salahnya untuk menyelipkan pengetahuan mengenal huruf, angka, kata atau suara. 

5. Belajar Angka

Angka bisa dipelajari lewat permainan angka yang menyenangkan dan interaktif. Melalui playgroup anak Anda sudah bisa mulai belajar mengenal angka, penjumlahan dan pengurangan tentu saja secara sederhana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement