Rabu 05 Sep 2012 13:04 WIB

Ini Dia Aneka Manfaat Yogurt, Apa Sajakah?

Yogurt memiliki kandungan yang setara dengan susu.
Yogurt memiliki kandungan yang setara dengan susu.

REPUBLIKA.CO.ID, Yogurt tak hanya disantap begitu saja. Hasil fermentasi susu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka masakan. Berikut beberapa cara yang perlu diketahui jika mengolah yoghurt:

* Jangan gunakan panci aluminium bila menyiapkan apapun dengan yogurt. Asam dalam yogurt akan bereaksi dengan aluminium.

* Karena kandungan asamnya, yoghurt menjadi bahan perendam (marinade) untuk melunakkan daging. 

* Yogurt bisa dimanfaatkan untuk mengentalkan saus krim. Bila Anda ingin melakukannya, tambahkan sedikit tepung maizena agar tidak terlalu kental. Caranya, campurkan dua sendok teh tepung maizena pada 1 cangkir yoghurt sebelum ditambahkan cairan panas. Aduk saat mulai mendidih dan mengental, jangan biarkan betul-betul mendidih.

* Agar yogurt tidak terpisah saat menambahkan cairan panas, pastikan suhunya sesuai suhu kamar.

* Bila dalam proses pemasakan yogurt terpisah, terkadang masih bisa diperbaiki. Campurkan 1 sendok teh tepung maizena dengan 1/2 sendok makan air dingin. Aduk campuran ini pada sebagian adonan yoghurt dan panaskan sampai mengental kemudian satukan dengan sisa bagian yogurt.

* Pengadukan yang cepat membuat yogurt pecah. Karena itu, aduk perlahan saat mencampurkan dengan bahan lainnya.

* Gunakan yogurt dalam ukuran yang sebagai pengganti mayonnaise asam dalam resep dressing salad untuk mengurangi kalorinya.

sumber : berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement