Selasa 04 Sep 2012 16:12 WIB

Bikin Pasta yang Lezat, Begini Tips Ala Orang Italia

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Pasta
Foto: .
Pasta

REPUBLIKA.CO.ID, Orang Italia bilang, memasak pasta haruslah al dente. Artinya, agak tegar bila digigit, tetapi tidak keras ataupun tidak terlalu lembek.Lalu, bagaimana cara menghasilkan pasta yang enak? Berikut tips memasak pasta yang dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Memasak pasta dengan air banyak amat membantu karena pasta tak akan saling menempel. Karena itu, Anda pun tak perlu menambahkan minyak untuk mencegah kasus saling lengket itu. Gunakan panci ukuran delapan liter air untuk memanaskan 4-6 liter air. 

2. Panaskan air dengan api sedang hingga mendidih. Sebaiknya tambahkan garam menjelang air mendidih. Garam menambah aroma, serta memastikan bila sudah matang kelak pasta akan tetap tegar dan tidak lengket. 

3. Masukkan pasta secara bertahap sehingga air tetap dalam kondisi mendidih. Jangan tutup pancinya, aduk sekali-sekali agar pasta tidak saling menempel. Lama memasaknya sesuaikan dengan instruksi yang tertera pada kemasan. Yang penting, jangan biarkan pasta sampai terlalu lembek. 

 

4. Begitu matang, buang airnya. Anda tak perlu membilas pasta, kecuali bila Anda akan membuat salad dingin atau akan menyimpannya di kulkas. Segera sajikan dengan saus atau bila suka pasta bisa diolesi dengan satu sendok makan minyak zaitun, mentega atau margarin. 

5. Bila Anda menyiapkan pasta untuk membuat masakan yang dipanggang seperti makaroni dan keju atau kaserol mi tuna, kurangi sepertiga waktu perebusannya. Biarlah pematangan tuntas terjadi pada pemanggangan. 

6. Ingin menghangatkan pasta yang sudah matang? Tempatkan dalam pasta matang itu sebuah tapisan, dan celupkan dalam panci berisi air mendidih selama satu menit dan sajikan. Pasta yang sudah dimasak bisa disimpan dalam kulkas. Caranya, bubuhi setiap setengah kilogram pasta matang dengan satu sendok makan minyak sayur, dan bungkuslah. Ia bisa tahan di dalam kulkas selama 3-4 hari. Agar kualitasnya lebih bagus meski disimpan di kulkas, pisahkan tempat penyimpanan pasta dan sausnya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement