Kamis 16 Aug 2012 07:14 WIB

Supaya Terus Disayang Anak, Begini Cara yang Efektif (2)

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Sayang anak
Foto: mommyish.com
Sayang anak

REPUBLIKA.CO.ID,

Setiap orangtua menanggung beban yang luar biasa dalam membentuk anak nantinya. Di tangan mereka anak akan terbentuk bagaimana kepribadiannya, bagaimanan bersosialisasi, bagaimana menyesuaikan dan mengendalikan diri, bagaimana kemampuan berpikirnya, dan masih banyak lagi. "Semua akan menentukan berhasilan dan kemandirian anak kelak, serta keberhasilannya sendiri ketika menjadi orangtua," kata Dosen Dn Ketua Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI Dr Frieda Mangunsong MEd Psi.

Ketua Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) itu memberikan 10 resep bagaimana agar orangtua menjadi efektif dalam mendidik anak-anak balita mereka. Faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

Tegakkan disiplin

Selain positive parenting anak juga perlu belajar ada perilaku yang benar-benar tidak bisa diterima sehingga perlu ada penegakkan disiplin. Namun, ibu juga harus konsisten menegakkan disipllin. Jangan sampai itu dilakukan berdasarkan mood ibu.

Jadi contoh bagi anak

Anak lahir tanpa tahu apa-apa bukan? Nah, mereka itu peniru ulung. Apa yagn dia lakukan adalah imitasi apa yang dilakukan orangtuanya. Bukan dari apa yang dia dengar melainkan apa yang dia amati.

Ungkapkan kasih sayang anda

Setiap orangtua tentu sayang pada anak-anaknya. Namun, jangan pelit ekspresi sayang. Jangan pula menganggap anak tahu, anda sayang pada mereka. Untuk itu ungkapan kasih sayang anda lewat kata-kata, sentuhan berupa belaian, pelukan dan ciuman, lalu tulisan dalam surat pendek yang isinya "Mama sayang kamu"

Komunikasi yang tepat

Mungkin anda menganggap hal berikut sepele. Padahal, besar pengaruhnya. Yakni, jangan meneriakkan perintah atau aturan dari ruang lailn. Itu tidak efektif. Aturan atau perintah harus sespesifik mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement