Senin 23 Jul 2012 09:14 WIB

Ajak Balita Puasa Yuk, Begini Caranya (2)

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Ilustrasi Anak Berpuasa. (Republika/Yogi Ardhi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi Anak Berpuasa. (Republika/Yogi Ardhi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ada tiga cara yang bisa ditempuh untuk mengenalkan balita hakikat puasa. Dengan bercerita, bernyanyi, dan bermain, anak belajar makna puasa tanpa perlu meninggalkan dunia kanak-kanak. Contohnya, ceritakan kisah nabi-nabi terkait kebiasaan berpuasa. Lalu, ciptakan lagu yang mudah dihafal si kecil. Pilih kata-kata yang sederhana dan spesifik. "Coba juga main tebak-tebakan dengan pertanyaan yang berhubungan dengan puasa," tutur Ketua Yayasan Kita dan Buah Hati ini.

Balita juga dapat mengenal puasa dengan melihat perilaku orang di sekitarnya. Untuk itu, setiap anggota keluarga harus menjalankan ibadah ini dengan sungguh-sungguh. Proses meniru akan terjadi secara alami. Ketika si kecil bertanya, jawablah dengan penjelasan yang mudah dimengerti. "Jelaskan puasa melatih kesabaran dan berguna supaya kita merasakan penderitaan orang-orang yang tidak mampu untuk membeli makanan," ucap Elly.

Kelancaran proses tersebut sangat tergantung pada kreativitas orang tua. Agar anak semakin semangat menjalankan puasa, silakan memberinya iming-iming hadiah. Tak perlu berlebih an, tentunya. Pada usia balita, motivasi eksternal masih penting peranannya dalam membentuk perilaku anak. Sejalan dengan itu, motivasi internal juga harus terus dikembangkan. "Pujilah anak ketika mereka bisa menahan amarahnya selama berpuasa, dengan begitu ia akan lebih bersemangat menjalankan ibadah ini," urai Elly. 

Faktanya, balita cenderung lebih tertarik pada konsekuensi yang didapat dengan kesediaannya untuk mencoba berpuasa. Ketika mendengar bunda menjanjikan yang berpuasa akan mendapatkan hidangan istimewa di waktu berbuka, anak akan fokus pada janji tersebut. "Katakan, yang tak berpuasa tidak berhak mencicipi," imbuh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan, Universitas Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement