Jumat 20 Jul 2012 02:09 WIB

Mau Liburan Unik? Coba ke Museum Yuk

Museum Vrederburg
Foto: wikipedia
Museum Vrederburg

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Museum kini menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk mengisi liburan dan menambah wawasan apalagi museum memiliki nilai historis tinggi sebagai tempat penyimpanan sejarah.

"Museum merupakan lembaga resmi yang dibuat pemerintah untuk merawat, menyimpan, dan memamerkan kekayaan sejarah budaya Indonesia kepada masyarakat. Selain itu, museum juga berfungsi sebagai tempat penelitian arkeolog," kata Humas Museum Nasional, Oting Rudy Hidayat.

Hal ini juga dirasakan oleh pengunjung museum yang juga dijuluki Museum Gajah itu.

"Wisata ke museum itu seru, karena bisa menambah wawasan dan mengetahui bentuk peninggalan sejarah lagipula bosen kalau liburan ke mal terus, sekali-sekali ke museum nambah wawasan," ujar salah satu pengunjung bernama Ike.

Kebijakan pemerintah terkait program 'Kunjungi Museum' juga berpengaruh besar pada kenaikan jumlah pengunjung museum. Dari data pengunjung Museum Nasional Jakarta 2011, jumlah pengunjung 207.992 orang. Sedangkan pertengahan 2012 saja pengunjung sudah mencapai 102.256 orang, terdiri dari pengunjung anak-anak, dewasa (asing dan domestik), dan tamu khusus.

"Dilihat dari segi kuantitas pengunjung, masyarakat sudah mulai timbul kesadaran terhadap cagar budaya." tambah Oting.

Keunikan tersendiri

Wisata museum juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu bisa belajar sambil rekreasi, dan melihat secara langsung bentuk peninggalan sejarah, kata Oting Rudy.

"Terakhir aku ke sini waktu masih SD, sekarang sudah banyak berubah keadaannya, jadi lebih bagus dan rapi. pergi mengunjungi museum jadi mengasyikan," kata salah satu pengunjung bernama Eka.

Di salah satu ruang museum juga sedang dijalankan program untuk pengunjung bertajuk 'Colouring Your Holiday'. Merupakan kegiatan mewarnai kain batik sepanjang 20 meter. Tak hanya pengunjung domestik saja yang ikut mewarnai batik, tapi pengunjung dari mancanegara juga antusias mewarnai batik. "Kegiatan mewarnai batik ini sangat baik dan menyenangkan." kata pengunjung asal Belgia, Coralie.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement