Jumat 06 Jul 2012 00:30 WIB

Melongok Tempat-Tempat Cantik di Dunia (I)

Rep: setyanavidita livikacansera/ Red: M Irwan Ariefyanto
Cano Cristalos di Kolombia
Foto: beautyworld.co
Cano Cristalos di Kolombia

REPUBLIKA.CO.ID,Bumi memang tempat yang luar biasa. Tidak hanya kaya dengan berbagai jenis flora dan fauna, planet yang kita tinggali ini juga merupakan tempat dengan berbagai panorama menakjubkan.

Tidak hanya itu, tempat-tempat yang indah dan unik itu biasanya juga memungkinkan masyarakat yang ada di sekitarnya mencari penghidupan. Beberapa tempat terunik di dunia dikutip dari Listverse.com, antara lain:

1. Cano Cristales, Kolombia

Cano Cristales adalah nama sungai yang berada di kawasan Pegunungan Serrania de la Macarena, Kolombia. Karena lokasinya yang terbilang lumayan jauh dari “peradaban”, perlu kendaraan khusus kalau kita ingin menuju ke sana. Keledai atau kuda bisa menjadi pilihan alat transportasi yang tepat.

Di tempat ini terdapat air terjun, sumur alami, dan cekungan dengan airnya  yang begitu jelas. Saking jernih airnya, kita bisa melihat sampai ke bagian paling dasar. Iklim Kolombia memungkinkan sungai ini mengalir sepanjang tahun. Warna hijau airnya terjadi karena kontribusi batu-batu berganggang hijau yang ada di dasarnya.

Tapi, selama periode waktu antara musim hujan dan musim kering, biasanya terjadi pada September-November, warna sungai akan mulai berubah menjadi sungai beraneka warna. Ganggang dalam air menghasilkan berbagai siratan warna, mulai dari merah, biru, hijau, garis hitam, hingga kuning sungai. “Sungai Lima Warna”, “Pelangi Cair”, dan “Sungai yang Hilang dari Surga” hanya sebagian dari julukan sekaligus pujian yang kerap disematkan orang-orang pada sungai ini.

2. Vale De Lua, Brasil

Vale De Lua adalah cekungan batu yang “diukir” oleh Sungai San Miguel. Nama Vale De Lua yang berarti lembah bulan dipilih karena tempat ini terjadi akibat erosi dari batuan dan sungai yang telah meninggalkan jejak dengan halus, lengkap dengan nuansa abu-abu yang menyebabkannya mirip dengan permukaan bulan. Lembah ini memiliki beberapa formasi batuan tertua di dunia yang diperkirakan berusia 1,8 miliar tahun. Sungai ini juga telah berhasil menciptakan gua, air terjun, dan formasi batuan aneh yang membentuk sebuah labirin di dinding ngarai sempit. Apabila dilihat dari atas, ruang labirin tersebut akan memancarkan cahaya yang gemerlap. Adanya batu kuarsa menjadi salah satu alasan tempat ini bisa begitu bersinar. Hutan di sekitar lembah ini juga kaya dengan satwa liar dan berbagai macam jenis anggrek. Seakan belum cukup berevolusi, sampai saat ini sungai yang ada di Vale De Lua terus mengalami pengikisan dan perubahan lanskap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement