Senin 18 Jun 2012 13:51 WIB

Survei: Anak dan Remaja Sekarang Makin Malas

Anak membantu pekerjaan rumah
Foto: dailymail
Anak membantu pekerjaan rumah

REPUBLIKA.CO.ID, Anak-anak sekarang makin malas? Ternyata, ini bukan isapan jempol belaka. Dari hasil survei terungkap, hampir seperempat dari anak-anak berusia 5-16 tahun enggan membantu menyelesaikan urusan rumah.

Hasil riset itu juga membuktikan, ketika orangtua menghabiskan sekitar empat jam dalam sepekan untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah, sumbangan anak-anak untuk rumah justru tak mencapai separuhnya.

Itu pun, menurut survei yang dilakukan sebuah perusahaan produsen pembersih, tiga dari lima anak harus diiming-imingi barang atau uang untuk membantu pekerjaan di rumah. ''Para orangtua sekarang ini kerap mengatakan,'Anak-anak sekarang mendapatkan segalanya dengan mudah' dan tampaknya itulah yang terjadi,'' ujar Lindsey Taylor dari Vileda, pihak produsen.

Parahnya lagi, tak hanya waktu untuk rumah yang minim dibandingkan sekitar tiga atau empat tahun lalu, sekarang ini banyak anak muda yang tak melakukan apa pun untuk membantu orangtua mereka yang sibuk.

Bahkan, untuk pekerjaan rumah yang mudah seperti merapikan tempat tidur setelah bangun atau membereskan mainan setelah digunakan juga enggan mereka lakukan.

Maka, satu-satunya cara untuk mengubah kebiasaan buruk itu adalah dengan belajar memberikan tanggung jawab pada anak. ''Membantu membersihkan rumah adalah cara terbaik untuk mengajarkan pada anak soal tanggung jawab,'' ujar Taylor.

sumber : dailymail
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement