Jumat 08 Jun 2012 04:04 WIB

Asyik, Terumbu Karang Bunaken Segera Direstorasi

Terumbu karang Bunaken
Foto: ANTARA
Terumbu karang Bunaken

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO---Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara, Joy Korah mengatakan instansinya telah merestorasi terumbu karang di dua tempat di Alung Banua Pulau Bunaken, Kota Manado dan Meras, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. "Memang tidak terlalu besar wilayah yang direstorasi karena masing-masing hanya dua hektare. Tapi ini merupakan langkah awal kita dalam melakukan pemulihan lingkungan," kata Korah.

Proses restorasi terumbu karang ini, kata dia, dibantu oleh univesitas Jepang yang menyediakan teknologi transplantasi terumbu karang. "Kita hanya menyediakan anggaran sekitar lima puluh juta dan Jepang menyiapkan teknologinya," ungkapnya.

Restorasi serupa, kata Korah, juga akan dilakukan di tahun ini dengan alokasi anggaran yang bersumber dari APBD sebesar tahun lalu.

Menurut dia, makin besar anggaran yang dialokasikan dalam APBD, akan semakin luas pula areal terumbu karang rusak yang direstorasi. Joy melanjutkan, restorasi terumbu karang besar manfaatnya untuk membangun kembali bangunan pemecah ombak alami yang telah rusak akibat berbagai aktivitas warga, perubahan iklim global serta sedimentasi yang menutup permukaan terumbu karang.

Selain itu, manfaat lainnya adalah mengembalikan fungsi terumbu karang sebagai habitat dan tempat tumbuh kembang dan pembiakan ikan. "Manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pesisir yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan. Terumbu karang menyediakan ikan yang dapat dikonsumsi masyarakat," ungkapnya.

Karena itu, menurut dia, walaupun dengan anggaran terbatas program seperti ini akan terus dilakukan secara bertahap di beberapa wilayah di Sulawesi Utara di mana kerusakan terumbu karangnya tergolong parah.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement