Rabu 09 May 2012 02:15 WIB

MTV Movie Awards 2012 Berakhirnya Dominasi Twilight

Rep: setyanavidita livikacansera/ Red: M Irwan Ariefyanto
mtv dan Robert Pattinson
Foto: mtv
mtv dan Robert Pattinson

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES -- Gelaran MTV movie award 2012 akan kembali tayang pada 3 Juni mendatang. Tapi, sejak jauh jauh hari para movie geek sudah bisa ikut memilih para calon jawara. Nominasi untuk nama nama yang lolos penghargaan Pop corn Emas ini sudah mulai diumumkan pada akhir April lalu.

Tahun ini, MTV Movie Awards memasukkan lima kategori baru yang menggenapkan jumlah kategori yang ‘dipertandingkan’ menjadi 12 kategori. Beberapa kategori baru yang akan hadir perdana di tahun ini, antara lain, kategori musik terbaik, aktor/aktris dengan transformasi terbaik dalam film, dan tokoh paling menyebalkan.

Hal yang baru pada perhelatan MTV tahun ini tidak itu saja. Untuk pertama kalinya, para nominasi yang terpilih nantinya akan dinilai oleh panel yang terdiri atas aktor, produser, agen, dan pelaku industri film. Hasil voting yang dulu menjadi satusatunya penentu kemenangan, kini tidak lagi dapat dijadikan andalan karena akan ada juga penilaian dari para juri terpilih.

Film adaptasi novel, The Hunger Games dan komedi romantis Bri Desmaids menjadi calon pemborong - Popcorn Emas dengan masingmasing mendapat delapan nominasi.

Apabila tahun-tahun Sebelumnya Twilight beserta trio pemainnya, Kristen Stewart, Robert Pattinson, dan Taylor Lautner, biasa mendominasi seluruh perhelatan MTV Movie Awards beberapa tahun terakhir, tahun ini sepertinya cerita akan berbeda. Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 yang rilis November lalu kalah jauh dari Hunger Games karena hanya berhasil menembus dua no minasi.

Banyak yang menilai gagalnya Breaking Down meneruskan parade dominasinya di MTV Movie Awards adalah pertanda baik, demi menyelamatkan gengsi acara penghargaan itu sendiri. MTV Movie Awards sela ma ini dianggap memberi kesempat an bagi beberapa film populer Untuk mendapat apresiasi meski tidak termasuk dalam ‘Oscar material’.

Film-film yang pernah menjadi jawara, seperi Pirates of Caribbean: Dead Man’s Chest dan There’s Some thing About Mary serta Wedding Crashers, menjadi representasi MTV Movie Awards sebagai salah satu penghargaan film yang berpengaruh.

Kegilaan para penggemar Twilight dalam memberikan voting pada para idolanya, dianggap telah gagal menjaga reputasi yang telah diraih oleh perhelatan ini. Bagaimana tidak? Twilight mampu menggeser film-film box office sekelas Avatar dan Hangover. Dukungan para ABG cewek terhadap Edward dan Jacob, dianggap ‘berbahaya’ karena terlalu subjektif dan tidak memfokuskan pada kualitas.

Nominasi film terbaik

* Bridesmaids

* The Hunger Games

* Harry Potter and the Deathly Hallows, Part 2

* The Help

* The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1

Nominasi Pemeran Wanita Terbaik

* Jennifer Lawrence, The Hunger Games

* Kristin Wiig, Bridesmaids

* Emma Stone, Crazy, Stupid, Love

* Emma Watson, Harry Potter and the Deathly Hallows, Part 2

* Rooney Mara, The Girl With the Dragon Tattoo

Karakter Menyebalkan Terbaik

* Elizabeth Banks, The Hunger Games

* Rooney Mara, The Girl With the Dragon Tattoo

* Johnny Depp, 21 Jump Street

* Michelle Williams, My Week With Marilyn

* Colin Farrell, Horrible Bosses

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement