Rabu 02 May 2012 03:18 WIB

Yuuk Makan di Tempat yang tak Biasa

Rep: setyanavidita livikacansera/ Red: M Irwan Ariefyanto
restoran di atas langit Brussel Belgia
Foto: terminalu.com
restoran di atas langit Brussel Belgia

REPUBLIKA.CO.ID,Makan di restoran tidak harus melulu dihabiskan di tempat yang ‘biasa-biasa’ saja. Beberapa restoran di berbagai belahan dunia, memiliki konsep yang luar biasa unik untuk menawarkan sensasi makan yang berbeda dari biasanya.

Makan pun tidak lagi hanya kesempatan untuk mengisi ulang perut yang terasa lapar, tapi juga menyimpan sisi petualangan tersendiri. Ketika berkesempatan makan di tempat yang tidak biasa, pasti pengalaman makan yang didapatkan tidak akan terlupakan. Dikutip dari Toxel.com, beberapa tempat makan yang unik dan tidak biasa, antara lain:

1. Makan di atas langit (Brussels- Belgia)

Makan di restoran ini, kita akan dipaksa mengalahkan rasa takut menghadapi ketinggian. Maklum, restoran ini menyajikan makanan untuk para tamunya di ketinggian sekitar 150 kaki atau 50 meter. Tempat ini mampu menampung 22 orang tamu dengan tambahan tiga orang staf, yaitu chef, pelayan, dan MC.

Sebelum memulai pengalaman makan udara, pengunjung mulai berkumpul di daratan terlebih dahulu. Duduk di kursi dengan sistem pengaman tertentu, barulah restoran super unik ini ‘naik’ dan melayang-layang di udara.

2. Restoran Es (Dubai)

Dubai memang berhasil menjelma menjadi negeri tempat tujuan wisata paling 'hip' di dunia. Negeri kaya minyak ini juga memiliki salah satu tempat makan paling tidak biasa di dunia. Restoran, yang berada di Dubai yang beriklim padang pasir, ini seluruhnya dibuat dari es.

Mulai dari dindingnya, piring yang dipakai, gelas, cangkir teh, sofa, lampu, pokoknya semua yang ada di restoran ini terbuat dari es. Untuk menu yang ditawarkan, restoran yang dapat memuat pengunjung maksimal hanya 40 orang ini, juga menyajikan menu-menu yang dingin, seperti juice, minuman dingin, dan es krim.

3. Makan di Penjara (Italia dan Jepang)

Untuk mendapatkan sensasi makan di penjara, sebelum makan pengunjung akan diperiksa oleh penjaga bersenjata dan makan dengan diawasi oleh kamera CCTV. Sejauh ini, ada dua negara yang sudah memiliki konsep makan di penjara, yaitu Italia dan Jepang.

Bedanya, di Italia, restoran ini dibuat di dalam bangunan penjara yang berusia 500 tahun yang dikenal dengan nama Medicea Fortezza. Tamu-tamu makan seperti biasa, dengan meja-meja yang disusun layaknya di restoran dengan pelayan yang berseragam dan bersenjata. Sedangkan di Tokyo, suasana makan di penjara jauh lebih mencekam. Di restoran yang diberi nama Alcatraz, pengunjung benar-benar makan di dalam jeruji besi, sambil bergelap-gelapan.

4. Restoran rumah sakit (Latvia)

Kalau selama ini, banyak orang yang enggan datang ke rumah sakit, tempat ini mungkin bisa jadi pengecualian. Mengusung konsep rumah sakit, restoran ini menghidangkan makanannya di atas nampan operasi. Beberapa peralatan kesehatan, seperti lampu operasi dan mesin x-ray menjadi perabotan khusus yang semakin menunjang aura rumah sakit di restoran ini.

Karena konsepnya, bisa ditebak, para pelayannya pun menggunakan kostum dokter untuk mengantarkan pesanan, lengkap dengan peralatan wajib para dokter, stetoskop. Supaya lebih seru, pengunjung juga bisa minta dipakaikan jaket ala rumah sakit jiwa kalau memang berminat.

5. Makan di batang pohon (New Zealand)

Berlokasi di tengah hutan di sekitar Auckland, New Zealand, restoran Treehouse menjadi salah satu restoran yang banyak mendapat perhatian dunia, khususnya dalam segi desain. Restoran yang didesain oleh Peter Eising dan Lucy Gauntlett dari Pacific Environments Architects ini memang unik, karena dibangun di batang pohon.

Menggabungkan konsep natural dan fungsional, restoran ini semakin terlihat unik pada malam hari. Dibangun dengan material dasar bambu, lampu-lampu berwarna kuning  membuat restoran ini semakin menonjolkan kecantikannya.  ed: wulan tunjung palupi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement