Senin 30 Apr 2012 10:03 WIB

Bikin Bakso Sendiri Yuk, Begini Caranya (1)

Bakso
Foto: courtesy of matanews
Bakso

REPUBLIKA.CO.ID, Meski membuat bakso sendiri terlihat mudah, tidak sedikit yang gagal. Untuk menghindarinya, berikut ini adalah beberapa tips agar bakso buatan Anda memuaskan yang diawali dengan cara memilih bahan untuk berbagai jenis bakso berbeda.

Untuk bakso sapi

Pilih daging sapi berkualitas terbaik, yaitu daging sapi berwarna merah segar, bertekstur baik atau jika ditekan dengan telunjuk, tekstur daging kembali seperti semula, serta tidak banyak mengandung darah dan air. 

Jangan menggunakan daging sapi yang telah disimpan dalam freezer, normalkan terlebih dahulu ke suhu kamar atau es sudah meleleh.

Setelah ditiriskan hingga tidak ada air atau sisa darah, baru siap digunakan. Namun, tetap saja kualitas bakso dari daging beku tidak sebaik daging segar.

 

Bakso daging ayam

Gunakan daging yang sudah dipisahkan kulit dan tulangnya (fillet). Gunakan ayam yang masih segar dengan kualitas prima. Biasanya, yang digunakan jenis ayam negeri karena mempunya daing yang tebal dan empuk. Meski demikian, tidak tertutup kemunginan jika Anda menggunakan daging ayam kampung.

 

Bakso ikan

Gunakan ikan yang punya daging putih seperti tenggiri dan ikan kakap. Sebelum digunakan, pisahkan daging ikan dari durinya. Gunakan ikan yang masih segar.

 

Bakso udang

Gunakan udang yang punya kulit dan daging berwarna putih, seperti jenis udang peci. Sebelum digunakan, buang kepala, kulit, dan serat tipis yang ada di punggungnya.

sumber : Buku Hidangan Istimewa: Bakso & Mie--Siti Fatimah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement