Selasa 24 Apr 2012 03:06 WIB

Sepuluh Musisi Jazz Dunia Siap Beraksi di Batam

Dwiki Dharmawan
Foto: Noveradika/Antara
Dwiki Dharmawan

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM---Sebanyak 10 musisi jazz mancanegara akan tampil di Asean Jazz Festival yang digelar di Terminal Feri Harbour Bay, Batam, 22-23 Juni 2012.

 

Director of art Asean Jazz Festival Dwiki Dharmawan mengatakan, 10 musisi jazz itu adalah Erik Hargrove asal Amerika, Nathasa Pattamapongs dan Arnat Lamwongsrikul asal Thailand, Jerry De Leon asal Philipina, Steve Thornton asal Malaysia, Jeremy Tordjman dari Francis, Kamal Musallam dari Emirat Arab (UEA), Carlos Kamil dari Bogota Kolombia serta Ian Iron dari Inggris Raya. "Sebenarnya masih banyak musisi manca negara yang ingin ikut serta, namun waktu dan tempat kami terbatas," kata Dwiki.

Selain musisi mancanegara, artis Indonesia seperti Trie Utami, Barry Likumahua, dan Andien juga direncanakan meramaikan pagelaran tahunan di Batam itu. Menurut Dwiki, musisi Indonesia dan asing akan berkolaborasi dalam beberapa tampilan. "Sejumlah jazzer Indonesia akan berkolaborasi dengan jazzer asing," kata Dwiki.

Asean Jazz Festival yang kelima juga akan menampilkan berbagai musik daerah yang dikemas dalam balutan jazz.

Dari Jawa Barat, Dwiki mencoba mengawinkan angklung dengan jazz. Dari Minang, akan hadir alat musik tradisional yang membaur rasa jazz. "Jadi ada jazz rasa minang dan angklung," kata dia.

Selain itu, Dwiki juga mencoba mengawinkan musik khas Melayu Kepri, yaitu kompang dalam Rentak Melayu. "Asean Jazz ini yang kelima ini merupakan karya kreatif yang menggabungkan musik Indonesia dengan manca negara," kata Dwiki.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan harapan Asean Jazz Festival mampu menarik dan meningkatkan wisatawan asal Malaysia dan Singapura yang masuk Batam dan Kepri. "Kita berharap bisa menarik wisatawan Malaysia dan Singapura, lebih banyak lagi. Ada 40 juta-an wisatawan di sana," katanya.

Asean Jazz Festival merupakan agenda rutin wisata di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement