Senin 23 Apr 2012 09:04 WIB

Ini Dia Pantai Palu yang Dikagumi Para Bule

Pantai Marina Palu/ilustrasi
Foto: abdymari.blogspot.com
Pantai Marina Palu/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALU---Sejumlah turis asing yang ditemui di pantai Marina, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, mengaku mengagumi pemandangan matahari tenggelam (sunset) di pantai tersebut.

Mario, turis asal Italia, saat berada di pantai Marina, akhir pekan ini, mengatakan pemandangan matahari tenggelam di Pantai Marina sangat utuh sehingga tampak indah sekali. "Pemandangan seperti ini jarang ditemui," katanya.

Mario berlibur bersama keluarganya selama beberapa hari di Kabupaten Tojo Una-Una.

Sarah turis asal Amerika, juga mengungkapkan kekagumannya terhadap wisata terbenamnya mentari di Pantai Marina itu.

Dia mengatakan bahwa matahari yang tenggelam terasa sangat dekat karena bentuknya sangat jelas. Pada umumnya, sebelum menikmati matahari tenggelam, para turis berenang di pantai selama beberapa menit.

Pantai Marina terletak di Ampana, Ibu Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Ampana berjarak 380 kilometer dari Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Di sekitar pantai tersebut terdapat belasan pondok terbuat dari papan kayu yang disangga dengan tiang penyangga dari batang pohon kelapa setinggi sekitar satu meter.

Belasan pondok yang menghadap ke barat itu disewakan kepada pengunjung yang ingin menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Pantai Marina tidak memiliki pasir. Sebagai pengganti pasir, di pantai tersebut banyak ditemui kerikil.

Ridwan, warga sekitar mengatakan pantai Marina kerap dikunjungi turis asing yang pada umumnya berasal dari Eropa.

Dia mengatakan, para turis tersebut setelah mengunjungi pantai Marina akan berlanjut ke Kepulauan Togian yang bisa ditempuh lima jam dengan menggunakan kapal feri.

Di Kepulauan Togian, katanya, para turis asing biasanya tinggal berhari-hari sambil menikmati pemandangan alam bawah laut. "Tidak puas jika hanya sehari di Kepulauan Togian," kata Ridwan.

Selain pantai Marina dan Kepulauan Togian, Kabupaten Tojo Una-Una memiliki sejumlah daerah tujuan wisata yang tak kalah menarik, seperti goa tua Mulangke, air terjun Toliba, cagar alam Tanjung Api dan wisata dataran Bulan.

Bupati Tojo Una-Una Damsik Ladjalani mengatakan sebuah bandara saat ini sedang dibangun di daerahnya untuk memudahkan masyarakat berkunjung ke daerahnya.

Pembangunan bandara itu yang terletak di Kecamatan Ampana Tete itu diharapkan selesai pada 2013.

Saat ini untuk menuju Kabupaten Tojo Una-Una dari Kota Palu hanya bisa ditempuh melalui perjalanan darat, dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 jam. "Kalau naik pesawat akan sangat cepat, tidak sampai satu jam akan sampai," kata Damsik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement