Sabtu 21 Apr 2012 01:02 WIB

Pantai Sasak Siap Jadi Objek Wisata Andalan

Pantai Sasak
Foto: beachwestsumatera.blogspot.com
Pantai Sasak

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG AMPEK---Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada 2012 akan membenahi kawasan Pantai Sasak, sekitar 20 kilometer dari Kota Simpang Ampek, agar bisa dijadikan objek wisata andalan daerah itu.

Pantai Sasak selama ini kurang terurus meski memiliki potensi menjanjikan, sarana-prasarananya akan dilengkapi seperti jalan menuju pantai, pos pariwisata, dermaga, parkir dan pembuatan arena bermain, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Asnal.

Ia mengatakan, lokasi pantai Sasak yang tidak terlalu jauh dari ibu kota kabupaten itu pada 2011 juga telah dilakukan pengembangan seperti membangun pintu gerbang, membenahi jalan dan menata para pedagang.

Pembenahan tahun ini akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan. Untuk itu pihaknya mengimbau semua pihak, termasuk tokoh masyarakat, alim ulama dan seluruh lapisan masyarakat ikut mendukung pengembangan objek wisata yang akan dijadikan andalan daerah ini.

Saat ini kondisi Pantai Sasak sebenarnya sudah mulai menunjukkan perkembangan. Hanya, sarana dan prasarana masih perlu dilengkapi. Meski saat ini sudah dinilai layak dikunjungi, untuk menarik wisatawan terutama dari luar masih diperlukan sarana pendukung yang memadai, termasuk kesiapan warga setempat tentang sadar wisata.

Kesadaran wisata ini penting, sebab masih banyaknya warga yang mengidentikkan pawisata dengan kemaksiatan. Padahal jika berpikir positif wisata yang dikelola secara profesional akan mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat dan pemerintah.

"Banyak manfaat jika semua elemen masyarakat bekerja sama membangun pariwisata. Jika pariwisata sudah berkembang, akan menjamur restoran, hotel yang nantinya bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar," jelasnya.

Selain pantai Sasak sejumlah objek wisata lain seperti pantai Aia Bangih, Muaro Binguang, dan Lubuak Landua juga akan menjadi perhatian ke depan, sehingga membawa Pasaman Barat ke arah yang lebih maju.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement