REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA---PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjalin kerja sama dengan Alfamart untuk layanan pemesanan tiket melalui sistem jaringan atau "online" dengan memanfaatkan gerai dari toko swalayan tersebut.
Peluncuran layanan pemesanan tiket online itu dilakukan Direktur Komersial PT KAI (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito dan Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Velina Yulianti di Stasiun Gubeng Surabaya.
Dengan kerja sama ini, calon penumpang kereta api bisa melakukan pemesanan tiket, khususnya kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi komersial atau AC melalui ribuan gerai Alfamart yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, dan Sulawesi.
"Ini salah satu inovasi untuk memudahkan layanan kepada konsumen dan pelanggan. Sekarang beli atau pesan tiket tidak perlu datang ke loket stasiun, cukup datangi gerai Alfamart terdekat dari rumah," kata Wimbo Hardjito.
Menurut ia, saat ini proses pemesanan tiket kereta api sudah dilayani di lebih dari 10 ribu titik, seperti loket stasiun, agen perjalanan, call center, dan gerai swalayan.
Khusus untuk layanan di luar loket stasiun, PT KAI menargetkan bisa meraih pendapatan sekitar Rp 360 miliar pada 2012 (Rp 30 miliar per bulan) atau 20 persen dari total pendapatan tiket dari semua titik layanan.
"Layanan semacam ini (online) juga merupakan salah satu upaya untuk menekan keberadaan para calo. Kami harapkan pendapatan dari luar loket bisa meningkat hingga dua kali lipat dengan berbagai kemudahan yang kami berikan," tambah Wimbo.