Senin 09 Apr 2012 13:54 WIB

Produser tak Sangka The Raid Tembus Peringkat 11 Box Office

Iko Uwais dalam salah satu adegan di film The Raid
Foto: indonesiaproud.wordpress.com
Iko Uwais dalam salah satu adegan di film The Raid

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Di minggu ketiga perilisan internasionalnya, The Raid hampir menembus peringkat 10 besar Box Office Amerika Serikat. Secara keseluruhan, dalam penjualan internasionalnya, The Raid yang dalam rilis internasionalnya menggunakan nama The Raid: Redemption memperoleh pendapatan sebesar 1.288.000 dolar AS.

Melihat hal ini, Produser film The Raid, Ario Sagantoro mengaku masih tidak percaya.

"Masih nggak percaya, biasanya kita ngeliat daftar Box Office selalu diisi film asing, tapi sekarang ada film kita. Saya masih nggak percaya, ini benar-benar mukjizat," ungkap Ario Sagantoro kepada ROL.

Ketidakpercayaan Ario bukannya tanpa alasan. Pasalnya The Raid, kata Ario, dibuat sebagai proyek pengganti film Berandal yang kala itu 'mentok' lantaran membutuhkan bujet dan persiapan yang begitu besar.

"Di tahun 2010 saya masih kurang siap dengan bujet yang sangat besar untuk Berandal. Pembuatan Berandal juga tidak gampang karena banyak menggunakan outdoor dan landscape sehingga selalu bergantung dengan cuaca. Apalagi di 2010 cuaca di Jakarta tidak menentu," jelas Ario."Makanya kita cari project lain, hasil dari kompromi akhirnya dibuatlah The Raid yang dibuat Indoor sehingga tidak pengaruh dengan cuaca baik siang ataupun malam. Dan sekarang (The Raid) hasilnya mendunia kita sama sekali nggak percaya," lanjut Ario.

Ario menilai, kesuksesan The Raid di kancah Internasional selain disebabkan penikmat film Hollywood jenuh dengan film aksi ala Hollywood, juga lantaran ketegangan yang ditawarkan The Raid begitu intens.

"Jika di Merantau butuh 10 hingga 15 menit baru ada aksi laga, maka di The Raid, di lima menit pertama adrenalin penonton sudah dihentak. Kita memang banyak belajar dari project pertama (Merantau)," Ario menjelaskan.

Diberitakan sebelumnya, hasil positif terus ditunjukkan film produksi Indonesia, The Raid dalam peredaran Internasionalnya.

Jika dalam periode penjualan 30 Maret hingga 1 April 2012 The Raid berada di posisi 20 tangga box office, untuk penjualan periode enam hingga delapan April 2012, The Raid berhasil naik ke peringkat 11 Box Office Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement