Ahad 01 Apr 2012 16:23 WIB

Museum Reagan, Kilas Balik Presiden AS

Rep: pryantono oemar/ Red: M Irwan Ariefyanto
museum reagan
Foto: reagan fdt
museum reagan

REPUBLIKA.CO.ID,Selamat datang di Museum Ronald Reagan. Bertempat di Simi Valley, California Amerika Serikat, museum ini berisi memoralabia barang pribadi Reagan. Di museum ini juga terdapat perpustakaan yang menyimpan 55 juta lembar dokumen pemerintahan selama delapan tahun Reagan memerintah.Berikut dokumen pribadi Reagan. Termasuk di antaranya, surat-surat cinta Reagan kepada Nancy Reagan, istrinya. Perpustakaan Reagan menyimpan juga sekitar 1,5 juta foto, 1,072 km rol film, 20.500 video tape, dan 25.500 klaset rekaman, serta 10 ribu buku dan publikasi lainnya.

Karena menyimpan dokumen negara, maka Museum dan Perpustakaan Reagan yang dikelola oleh The Reagan Foundation itu dikepalai oleh pejabat pemerintah pusat. Kebiasaan di Amerika Serikat, mantan presiden membuat perpustakaan dan museum. Dokumen-dokumen selama mereka memerintah disimpan di perpustakaan masing-masing. Di museumnya, disimpan benda-benda pribadi, bahkan pin-pin yang dicetak sewaktu mereka kampanye presiden pun, disimpan di sini.

Sedangkan Museum Reagan menyimpan lebih dari 100 ribu benda koleksi Reagan dan Nancy. Termasuk juga tas tangan berlapis emas hadiah dari Tien Soeharto, almarhumah. Bahkan, sofa dari sebuah kafe, yang dulu dipakai duduk Reagan waktu melamar Nancy, juga dipasang di sini. Baju-baju sewaktu dia menjadi bintang film, dan juga baju yang ia kenakan ketika ia ditembak orang, juga disimpan di sini.

Museum dan Perpustakaan Reagan dibangun di Simi Valley, California, dengan udaranya yang sangat sejuk. Dari Los Angeles membutuhkan waktu perjalanan sekitar 45 menit memakai kendaraan bermotor.

Diresmikan pada 4 November 1991, kini Museum Reagan dilengkapi dengan paviliun pesawat kpresidenan, Air Force One. Fasilitas lainnya, antara lain satu galeri pameran (berisi antara lain tentang pahlawan-pahlawan Amerika Serikat), dua galeri presiden (berisi foto-foto seluruh presiden Amerika Serikat), satu galeri tanda tangan presiden (berisi replika tanda tangan ukuran besar seluruh presiden Amerika Serikat), satu ruang teater (tentang perjalanan hidup Reagan dari masa kecil hingga menjadi gubernur California), satu ruang kisah Reagan memasuki Gedung Putih, tiruan Ruang Oval (ruang kerja presiden di Gedung Putih, dengan ukuran dan desain yang dibuat sama), satu ruang khusus istri presiden (berisi koleksi pribadi Nancy Reagan, di sinilah tas tangan hadiah dari Ibu Tien Soeharto disimpan).

Berkunjung ke Museum dan Perpusatakaan Reagan, akan mendapatkan kenang-kenangan permen kesukaan Reagan. Juga akan mendapatkan penjelasan berbagai hal mengenai kehidupan Reagan, termasuk juga sejarah Amerika, dan sejarah para presiden AS. Petugas museum juga akan menjelaskan siapa presiden yang hanya memerintah dalam beberapa hari karena meninggal terserang flu.

Museum dan Perpustakaan reagan dibuka untuk umum mulai pukul 10.00 pagi hingga 05.00 sore. Tapi, pada Hari Thanksgiving, Hari Natal, dan Tahun Baru, tutup. Anak usia di bawah 11 tahun tak kenai biaya. Sedangkan usia 11-17 tahun dikenai dua dolar, 18-61 tahun dikenai biaya masuk tujuh dolar, dan usia di atas 62 tahun dikenai lima dolar.

Reagan meninggal pada 5 Juni 2004, dan jenazahnya dimakamkan di halaman belakang kompleks Museum dan Perpustakaan Reagan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement