Sabtu 31 Mar 2012 19:04 WIB

Anda Suka Popcorn? Inilah Manfaatnya

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Heri Ruslan
Popcorn (ilustrasi)
Foto: dinnerwithjulie.com
Popcorn (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  SAN DIEGO -- Anda suka makan popcorn? Inilah kabar baik bagi Anda penyuka popcorn. Ilmuwan pada Universitas Scranton Pennsylvania meluncurkan penemuan mereka menganai popcorn.

 

Camilan ringan yang biasa dimakan ketika nonton di bioskop ini ternyata mengandung antioksidan yang membantu melawan molekul berbahaya. Popcorn polos diduga sebagai makanan diet yang bagus untuk kandungan kalori yang rendah. Selain itu, memiliki kandungan antiokasidan lebih tinggi dibandingkan buah-buahan dan sayuran.

 

Di dalam popcorn terkandung polifenol  mereka membantu melawan molekul berbahaya yang merusak sel. Kandungan antiokasidan dalam popcorn lebih tinggi karena hanya mengandung empat persen air. Sementara itu, buah-buahan dan sayuran mengandung hingga 90 persen air.

 

Peneliti menemukan satu porsi popcorn mengandung 300 mg antioksidan. Jumlah ini hampir dua kali lipat 160mg untuk semua buah-buahan per porsi. Mereka juga menemukan bahwa  popcorn memiliki konsentrasi tertinggi antioksidan dan serat.

 

Namun para peneliti mengingatkan meskipun mengandung banyak antioksidan, popcorn tidak mengandung salah satu vitamin atau nutrisi penting lainnya yang ditemukan dalam buah dan sayuran.

 

"Ini adalah makanan ringan hanya yang 100 persen gandum yang belum diproses," ujar peneliti Joe Vinson.

 

Satu porsi popcorn akan memberikan lebih dari 70 persen dari asupan harian gandum. Rata-rata orang hanya mendapat sekitar setengah porsi gandum utuh sehari, dan popcorn dapat mengisi kesenjangan dalam cara yang sangat menyenangkan. Sekitar 51 persen dari berat produk adalah gandum.

 

sumber : Dailymail
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement