Sabtu 31 Mar 2012 12:52 WIB

Cinema 21 Hadirkan Teater IMAX dan IMAX 3D

Rep: Hazliansyah/ Red: Hazliansyah
Teater IMAX
Foto: youdontknowjersey.com
Teater IMAX

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan teknologi terus memberikan kemudahan dan kepuasan bagi penggunanya. Termasuk dalam kepuasan menonton film layar lebar.

Jika kini masih terbatas dengan film format 3 Dimensi, penikmat film di Indonesia akan merasakan kepuasan menonton lebih melalui teater IMAX dan IMAX 3D. Cinema 21 selaku eksibitor film terbesar di Indonesia akan menghadirkan teater IMAX pada Mei mendatang di Gandaria City, Jakarta.

"21 akan bangun produk baru, yakni IMAX dan IMAX 3D. Meski Indonesia terbilang tertinggal dari negara-negara lain, tapi ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus memberikan kepuasan menonton lebih pada masyarakat. Kenapa kita pilih Gandaria City karena secara konstruksi yang memungkinkan untuk dibangun IMAX memang di Gandaria City," ungkap Catherine Keng, Corporate Secretary Cinema 21 kepada republika.co.id beberapa waktu lalu di Jakarta.

IMAX sendiri bukanlah yang pertama di Indonesia. Sebelumnya IMAX telah hadir di Teater Keong Emas TMII.  "Bedanya teater IMAX keong emas dengan IMAX 21 adalah dari penggunaan teknologi. Keong Emas peruntukannya juga lebih untuk institusi akademis. Tapi kalau 21 murni untuk pertunjukan komersial," kata Catherine.

Imax, kata Catherine, memiliki sejumlah keunggulan dari teater 2D dan 3D konvensional. Dengan penggunaan dua proyektor revolusioner, sesuai dengan taglinenya The World's Most Immersive Movie Experience, Imax akan memberikan pengalaman menonton dimana penonton seolah menjadi bagian dari film.

Lebih detail, Iwan Bhakti selaku Interaktive Media Marketing & Promotion Division Cinema 21 menjelaskan teater IMAX menggunakan dua proyektor. "Sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih terang, lebih jernih dibanding film format 3 dimensi konvensional. Presisi gambarnya pun exact," terang Iwan.

Untuk audio, teater IMAX menggunakan sistem laser-aligned audio system yang dapat meratakan suara dan menghadirkan suara digital dengan tiga dimensi."Penempatan Audio pun akan customize, ditempatkan presisi di tempat yang tinggi. Suara digital diselaraskan dengan laser sehingga semua kursi akan mendapatkan suara yang sama, suara yang maksimal," papar Iwan.

Dan terakhir, teater IMAX memiliki bentuk dan ukuran layar lebih besar dari teater konvensional yang dirancang secara geometri serta bangku penonton yang dibuat lebih curam.

"Jadi jarak layar dengan penonton itu begitu dekat sehingga view penonton mampu menangkap ke semua sisi layar," tandas Catherine.

Dalam komitmennya menghadirkan film terbarik, IMAX juga telah bekerjasama dengan studio-studio besar Hollywood untuk memproduksi film dalam format IMAX seperti Sony/Columbia, Universal, Paramount, Disney, 20th Century Fox, Warner Bros dan lainnya. Sutradara terbaik dunia seperti Steven Spielberg, James Cameron dan Brad Bird telah memilih filmnya dirilis dalam IMAX agar penonton mendapatkan pengalaman menonton yang total.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement