Senin 26 Mar 2012 02:11 WIB

Asyik, Indonesia akan Kembangkan Wisata Kapal Pesiar

Kapal pesiar mewah/ilustrasi
Foto: CNN
Kapal pesiar mewah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Pemerintah Indonesia berupaya mengembangkan wisata cruise (kapal pesiar) sebagai salah satu wisata minat khusus yang diprioritaskan tahun ini. Hal tersebut baru-baru ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berkaitan kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat saat menghadiri Cruise Shipping Miami.

 

Untuk mendukung pengembangan wisata cruise maka dipersiapkan dan dipromosikan destinasi yang nantinya dikunjungi kapal pesiar tersebut. Beberapa di antaranya adalah Benoa, Tana Ampo, Bromo dan Probolinggo, Surabaya, Borobudur, Sabang, Tanjung Putting-Kumai, Bangka, Belitung, dan Taman Nasional Komodo.

 

Menurut Mari, pengembangan wisata cruise di Indonesia akan difokuskan pada peningkatan kesiapan pelabuhan. Hal penting di dalamnya termasuk perihal teknis kedalaman alur dan kolam pelabuhan dimana menjadi syarat utama agar kapal cruise besar dapat berlayar dan masuk dengan aman ke sebuah pelabuhan di Nusantara.

Pemerintah, lanjut Mari, menargetkan 500 ribu kunjungan penumpang cruise pada 2016. Oleh karena itu, pemerintah akan melakukan perbaikan di beberapa pelabuhan utama cruise seperti Pelabuhan Benoa (Bali) dan sekaligus menjadikan pelabuhan tersebut sebagai turn around port. Pelabuhan lain yang dikembangkan adalah Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Mas (Semarang), dan Tanjung Perak (Surabaya). Pelabuhan-pelabuhan tersebut diharapkan ke depan siap disandari kapal pesiar berukuran besar. 

 

 

sumber : indonesia travel
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement