Ahad 18 Mar 2012 08:15 WIB

Menikmati Surga di Pulau Gulangyu

pulau gulanyu
Foto: chinatravel
pulau gulanyu

REPUBLIKA.CO.ID, oleh: Wachidah Handasah (wartawan Republika)

Di antara berbagai tempat tujuan wisata di dunia, Cina adalah salah satunya yang favorit. Di sana ada great wall (tembok besar), forbidden city (kota terlarang), atau summer palace (istana musim panas) yang kesohor itu. Atau jika ingin menikmati wisata belanja, Hongkong yang kini menjadi salah satu wilayah otonomi di Cina, bisa menjadi pilihan.

Namun, wilayah Cina yang begitu luas dengan penduduk terbanyak di jagad ini, ternyata punya segudang keindahan. Tak cuma di Beijing dan Hongkong. Keindahan itu terhampar pula di wilayah-wilayah yang lain. Dan salah satu keindahan yang layak Anda nikmati adalah Pulau Gulangyu, pulau cantik yang berada di dekat kota Xiamen, Propinsi Fujian, Cina tenggara.

''Rugi deh kalau nggak mampir ke Pulau Gulangyu. Sempat ke sana nggak?'' tanya seorang ibu di dalam pesawat Air China yang membawa saya pulang ke Jakarta dari Xiamen. Wanita keturunan Cina ini mengaku baru saja menengok beberapa orang familinya di Xiamen. ''Saya lumayan sering ke Xiamen,'' sambungnya. Xiamen memang mudah dijangkau dari Jakarta. Apalagi sekarang terdapat penerbangan langsung ke kota itu, yang bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang lima jam. Nah, dari kota Xiamen, Anda bisa dengan mudah menjangkau Pulau Gulangyu.

'Gulang' dalam bahasa Cina berarti gelombang drum. Mengapa diberi nama demikian? Itu karena gelombang laut di Cina tenggara selalu mengeluarkan suara yang dahsyat seperti pukulan drum, tatkala menghantam batu-batu cadas di tepi pantai. Agak berbeda dengan namanya, pulau ini tidak berisik oleh hantaman ombak lautan. Bahkan, jika dilihat dari kota Xiamen, pulau yang luasnya hanya sekitar 177 km persegi ini tampak sangat tenang. Apalagi pada malam hari, kerlap-kerlip lampu di pulau ini laksana hamparan kristal di tengah beludru hitam. Cantik sekali.

Untuk mencapai pulau ini dari kota Xiamen, tersedia moda angkutan yang sangat 'ramah' dan murah. Moda angkutan yang dimaksud adalah kapal feri. Jangan bayangkan Anda akan menumpang kapal feri itu selama satu atau dua jam. Sebab, dari Xiamen, Anda cuma butuh waktu 10 menit saja untuk sampai ke pulau ini. Harga tiketnya pun sangat bersahabat, cuma tiga yuan sekali jalan. Tiket ini berlaku untuk penumpang yang duduk di lantai dua. Bagaimana dengan para penumpang yang berdiri di lantai satu? Mereka tak perlu beli tiket, alias gratis.

sumber : chinatravel
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement