Selasa 13 Mar 2012 16:47 WIB

Ratusan Siswa SD dan TK Banjiri IBF 2012

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Karta Raharja Ucu
ibf
Foto: ibf
ibf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islamic Book Fair (IBF) 2012 tak hanya menyedot keingintahuan orang dewasa saja, tetapi juga dari kalangan anak-anak. Hari ini, Selasa (13/2) sekitar 700-an murid-murid SD dan TK se-Jabodetabek membanjiri IBF 2012. Kedatangan mereka adalah untuk mengikuti lomba yang diadakan Syamil Quran (SYGMA).

Lomba-lomba ini di antaranya, Tahfizul Quran untuk murid TK dan SD, mewarnai kaligrafi untuk murid TK, menulis Al-Fatihah untuk siswa SD kelas 3 sampai kelas 6. Tak hanya itu, SYGMA juga mengadakan lomba pendongeng bagi para guru maupun orang dewasa lainnya yang mempunyai bakat mendongeng.

Lomba ini bertema 'Festival Anak 2012 Kidzone Islamic Book Fair'. Lomba itu pun semakin membuat perhelatan IBF semakin megah dan ramai.

"IBF ini merupakan ajang yang luar biasa tentang keislaman, sehingga menarik. Untuk itu, kami ingin ikut berpartisipasi didalmnya dengan membuat lomba khusus anak-anak," ujar Ito, pengurus SYGMA sekaligus seorang pendongeng saat berbincang dengan Republika, Selasa (13/3).

Untuk lomba Tahfizul Quran, jumlah peserta mencapai 500 orang dari beberapa kategori, baik kategori TK, SD kelas 1 hingga 3 dan SD kelas 1 hingga kelas 6.

Untuk kategori TK, surat yang dilombakan adalah Al-maun, Al-fiil, Al-ashar. Sementara untuk SD kelas 1 hingga kelas 3 di antaranya, Al-humajah, Al-qoriah, Ad-dhuha, sedangkan bagi kategori kelas 4 hingga 6 SD, An-naba, Asy-syam, dan Al-alaq.

"Alhamdulillah lomba yang kami adakan di IBF ini banyak pesertanya dibandingkan lomba-lomba yang kami gelar sebelumnya. Meskipun belum mencapai target kami yaitu, seribu peserta, namun kami tetap senang," tutur Ito. "Lomba Tahfizul Quran merupakan lomba yang paling diminati, sebab pesertanya banyak."

Lomba Festival Anak ini terdiri dari babak penyisihan dan final. Babak penyisihan diadakan pada Minggu, Senin, Selasa dan Kamis esok. Sedangkan, untuk babak final dan pengumuman pemenang akan diadakan pada Minggu (18/3) mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement