Ahad 29 Jan 2012 14:18 WIB

Istana Bogor Punya Kebun, Istana Cipanas Punya Taman

Rep: Agung Sasongko/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, Usai mencicipi kolam air panas yang pernah dinikmati gubernur Jenderal Belanda, rombongan Melancong Bareng Abah Alwi melanjutkan penelusuran Istana Cipanas dengan menuju Taman Herbalia.

Taman ini, merupakan perubahan lain yang dilakukan terhadap Istana Cipanas, Jawa Barat.

Ade Suprayadi, pemandu rombongan selama di Istana Cipanas menjelaskan proses pengerjaaan Taman Herbalia dimulai sejak akhir tahun 2009. Taman ini tidak terlalu luas, dengan luas 2.600 meter persegi, namun ditanami dengan tanaman-tanaman yang termasuk dalam kategori herbal dan bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. "Untuk sementara, ada 207 tanaman yang akan dikembangkan menjadi 400 tanaman," kata dia kepada rombongan Melancong Bareng Abah Alwi, Ahad (29/1).

Pembuatan Taman Herbalia ini merupakan inisiatif dari Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono yang ingin melestarikan budaya jamu secara nasional ataupun internasional. Bahkan, nama Herbalia itu sendiri diberikan oleh Presiden SBY. "Bogor punya kebun, Cipanas punya taman. Mengapa taman, karena memang bukan kebun," kata Ade berkelalar.

Di taman ini antara lain terdapat tanaman daun sirih merah yang bisa digunakan untuk obat kanker, Lidah Buaya yang selain bermanfaat untuk rambut juga bagus untuk kencing manis, Teratai Putih untuk obat penenang, Oleander untuk obat bisul dan kudis, serta Ekor Kucing untuk Disentri.

Taman yang terletak di sisi kiri belakang Istana Cipanas dan tidak begitu jauh dari Rumah Bentol ini juga terbuka untuk umum, terutama untuk anak-anak sekolah. Bahkan, masyarakat yang bermukim di sekitar istana juga bisa melihat taman ini langsung dari rumah mereka karena letaknya yang di pinggir pagar Istana.

Nantinya, kata Ade, Taman Herbalia ini diharapkan mampu melestarikan warisan budaya nasional, sebagai wisata herbal untuk pendidikan, dan juga untuk mewujudkan Indonesia Hijau, Indonesia sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement