Selasa 17 Jan 2012 12:39 WIB

Jalan-jalan Gratis Keluar Negeri, Ada Triknya Nih (2)

Desa Keabadian, Campodimele, Italia.
Foto: CNN
Desa Keabadian, Campodimele, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, Bukan mimpi bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri. Siapa pun bisa melakukannya. Modalnya simpel: Anda hanya perlu berusaha sedikit keras. Berikut adalah sejumlah cara untuk bisa jalan-jalan gratis di negeri orang berdasarkan pengalaman banyak orang Indonesia dan sejumlah teman mahasiswa dan aktivis asing: 

 

Tuntutan Profesi

Anda bisa jalan-jalan gratis karena tuntutan profesi. Wartawan, dokter, akuntan, PR, tenaga pemasar, hingga teknisi memiliki kesempatan besar pergi ke luar negeri.Kantor mereka yang membiayai semua perjalanan itu. Jadi, sambil menjalankan tugas kantor, Anda bisa menikmati suasana dan sensasi negara yang Anda tuju.

Tapi Anda tidak perlu bermimpi menjadi anggota DPR untuk bisa jalan-jalan gratis. Yang ada, rakyat malah mengkritik habis Anda. Anda bisa jadi atlet. Ini menjadi salah satu cara jalan-jalan gratis paling mudah yang bisa kita lakukan dibandingkan harus mengejar beasiswa atau kursus singkat maupun lomba.

 

Hadiah Lomba ke Luar Negeri

Tidak sedikit perusahaan di Indonesia yang menawarkan hadiah jalan-jalan ke luar negeri. Eropa, AS, dan Asia Timur menjadi pilihan utama.Ini soal keberuntungan memang. Jika beruntung, Anda bisa terpilih lewat undian memenangi lomba itu. Anda bisa pergi jalan-jalan gratis.

 

Jalur Lembaga Internasional

Ada ratusan lembaga nasional dan internasional yang menawarkan perjalanan gratis untuk Anda ke seluruh dunia. Anda hanya cukup menjadi sukarelawan di lembaga itu. PBB, misalnya, memiliki United Nations Volunteers (UNV, www.unv,org), yang merupakan organisasi sukarelawan. Mereka menaungi orang-orang yang siap diterjunkan di negara-negara yang baru saja terkena bencana untuk membantu perbaikan ekonomi maupun kesehatan lingkungan.

Anda bisa juga mencoba aktif di organisasi lingkungan dunia seperti WWF atau Oxfam yang membuka peluang ke luar negeri gratis. Atau lembaga ekonomi-politik maupun yayasan-yayasan sosial pendidikan. Anda tinggal searching di internet terkait lembaga-lembaga itu.

 

Memiliki Karya/Peran

Jika Anda berkarya dalam bidang apa pun, langkah ke lur negeri gratis terbuka lebar. Misalnya, Anda seorang pegiat lingkungan atau pecinta buku dan menjadi volunter di sejumlah daerah.

Lembaga-lembaga asing sangat menghormati orang-orang seperti ini. Mereka tidak segan-segan mengundang Anda datang ke negerinya, untuk memaparkan dan berbagi pengalaman dengan orang-orang di negeri itu.

Atau Anda akan mendapat training lebih dalam soal dunia yang Anda geluti. Dalam hal ini, AS, Inggris, dan banyak negara Eropa memberikan penawaran menarik terhadap apa yang Anda kerjakan.Pelajar dan mahasiswa juga terbuka lebar untuk bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri dengan cara ini.

 

Pengajuan Proposal

Misalnya Anda seorang aktivis atau pengajar atau pegiat isu tertentu, Anda berkesempatan mengajukan proposal terkait aktivitas itu ke sejumlah negara. Anda yang bergiat di isu lingkungan pertanian, bisa mencoba membawa proposal riset di Belanda.

Pegiat isu-isu agama dan toleransi, sejumlah negara membuka pintu jika ada tawaran menarik dari Anda, khususnya negara-negara Barat (misalnya, AS dan Inggris).

 

Menjadi Blogger

Ini serius. Aktif di blog membuat dunia Anda berbeda. Kekhasan yang Anda miliki menjadi senjata ampuh menarik perhatian pihak lain.Jika Anda hobi menulis kuliner di blog Anda dan menjadi rujukan, bukan tidak mungkin akan ada tawaran menarik jalan-jalan ke luar negeri. Sejumlah blogger telah menikmati ‘dunia’ seperti itu.

 

Aktif di Organisasi/Komunitas Tertentu

Organisasi kepemudaan, lingkungan, hingga komunitas ilmu pengetahuan pun menjadi bidikan lembaga dan negara donor untuk diundang pergi ke negara mereka.Tidak ada ruginya jika Anda aktif di organisasi yang sesuai minat Anda.

 

Selamat mencoba!

sumber : ketawing.wordpress.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement