Selasa 17 Jan 2012 14:20 WIB

Agar Buah Hati Doyan Makan Daging (2)

Anak susah makan
Foto: droppounds.net
Anak susah makan

REPUBLIKA.CO.ID, Agar buah hati lahap makan daging, Chef Vindex Tengker memberikan tips cara mengolah daging yang baik dan benar:

Pilih daging giling

Proses mengempukkan daging yang paling mudah adalah dengan menggiling. “Namun hati-hati dengan daging giling, karena daging giling ini rentan terhadap bakteri. Jangan sekali-kali mencuci daging giling, karena bakteri akan cepat mengkontaminasi daging,” kata Vindex.

Jangan biarkan daging giling berada di ruangan terbuka hingga empat jam karena bakteri juga bisa mengkontaminasi.

Selain empuk, daging giling ini juga sangat mudah divariasi. Misal untuk membuat sandwich, bola-bola bakso, hingga spageti. Dengan banyaknya variasi makanan yang dibuat, maka anak tidak bosan dan lebih menyukai olahan daging sapi.

Buatlah beef steak

Jika ingin cara paling praktis, pilihlah steak sebagai menu untuk si buah hati. “Pilihlah daging prime cut, yaitu bagian rib eye, tenderloin, maupun sirloin. Ketiga bagian tersebut merupakan bagian daging terempuk dari sapi, sehingga sangat pas dibuat steak,” kata Vindex.

Cara membuat steak sangat mudah, cukup garami daging sesaat sebelum dipanggang, kemudian mulai dipanggang setelah daging dilumuri minyak. Namun, proses penggaraman juga tidak boleh terlalu lama, maksimal 30 menit. Jika terlalu lama, jus dari daging justru akan keluar.

Perlu diingat, jangan meletakkan daging pada panggangan yang belum panas karena akan membuat daging lengket, tunggulah panggangan benar-benar panas. Lumurilah daging dengan minyak, bukan panggangannya.  Setelah matang, diamkan daging sejenak sebalum akhirnya dipotong dan disajikan.

Masak steak medium atau medium well

Di Indonesia, umumnya orang mengonsumsi steak dengan kondisi well done atau very well done, yaitu daging benar-benar matang. Menurut Vindex, konsumsi daging paling baik adalah pada kondisi medium atau medium well, yaitu kondisi di mana bakteri sudah mati namun kandungan gizi dalam daging masih terjaga. Untuk membuat daging pada kondisi medium atau medium well, panaskan daging pada suhu 145 derajat Fahrenheit.

Membalik daging sekali saja

Saat memanggang daging steak, pastikan hanya membalik satu kali saja. Caranya, panggang daging sekitar tiga menit pada masing-masing sisi. “Jika kedua sisi daging dirasa masih kurang matang, jangan dibolak-balik, tapi matangkan dengan oven,” kata Vindex.

Buat daging tumis

“Alternatif lain adalah dengan membuat tumisan daging. Anak juga menyukai olahan semacam ini,” kata Vindex. Untuk membuat daging lebih empuk saat ditumis, bisa menambahkan setengah sendok teh tepung maizena ke dalam masakan.

Libatkan anak-anak

Kunci paling penting agar masakan disukai anak adalah dengan melibatkan anak dalam memasak. Sebelum memasak bersama si buah hati, ajaklah si buah hati ke supermarket untuk membantu memilih bahan-bahan yang akan dimasak. Kemudian mulailah memasak bersama buah hati. Anak bisa diberikan tugas yang ringan dulu, misal mengaduk-aduk atau menggulung-gulung. “Anak yang dilibatkan dalam proses memasak akan cenderung mau memakan masakannya sendiri, kata Vindex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement