Selasa 17 Jan 2012 14:03 WIB

Agar Buah Hati Doyan Makan Daging (1)

Anak susah makan
Foto: droppounds.net
Anak susah makan

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah buah hati Anda sering menolak saat ditawari daging sapi? Tak usah cemas, Anda tidak sendiri. Dari hasil survei pada September 2011 terhadap 250 ibu di Jakarta terungkap bahwa hanya satu dari 10 anak yang menyukai daging sapi. Anak-anak mengaku tak menyukai daging sapi karena sulit untuk dikunyah.

Padahal, protein yang terkandung dalam daging sapi lebih tinggi dibanding protein yang terkandung dalam daging ayam, ikan, maupun daging-daging lainnya.“Anak memang mempunyai kemampuan mengunyah yang lebih lemah dibanding orang dewasa, karenanya anak harus diberi daging sapi dengan tekstur yang lebih lembut,” kata Chef Vindex Tengker beberapa waktu lama.

Daging sapi empuk bisa didapatkan dari daging sapi. Namun, daging sapi lokal dengan pengolahan yang benar juga bisa diolah agar empuk dan digemari buah hati. “Biasanya ibu merebus daging supaya daging empuk. Padahal, anak-anak sebenarnya kurang suka daging rebus,” kata Chef Vindex.

Untuk mengolah daging sapi agar empuk dan diminati anak-anak, Chef Vindex Tengker membagikan rahasia mengolah daging agar disukai anak:

Pilih potongan daging sesuai jenis masakan

Setiap ingin membuat masakan, pilihlah potongan bagian daging sapi yang sesuai. “Misal, untuk membuat steak pilihlah daging bagian tenderloin atau sirloin,” kata cehf Vindex. Bagi yang tidak paham mengenai bagian-bagian sapi yang cocok untuk masakan tertentu, bisa bertanya kepada penjual daging. Bisa pula mendapatkan informasi dari internet.

Pindahkan daging dari freezer ke kulkas

Sebelum dimasak, pindahkan daging yang disimpan di freezer ke kulkas. Aturannya adalah keluarkan daging dari freezer ke kulkas selama 12 jam per satu kilogram daging sebelum dimasak. Tujuannya agar daging bisa mudah dimasak karena sudah tidak beku.

Jangan dicuci

Untuk mengempukkan daging yang beku dari freezer, jangan mencuci atau merendam daging sapi dengan air, terlebih dengan air hangat. “Suhu yang salah, seperti air hangat untuk mencuci daging, justru bisa membuat bakteri mengkontaminasi daging,” kata Vindex.

Selain mudah terkontaminasi bakteri, proses pencucian atau perendaman terhadap daging juga bisa menghilangkan gizi yang terkandung dalam daging sapi. Sebaiknya, daging dicuci sebelum dimasukkan ke freezer, dengan catatan air harus mengalir.

Potong kecil-kecil

Sebelum disimpan di /reezer, sebaiknya daging sudah dipotong kecil-kecil. Pemotongannya pun tidak sembarangan, daging harus dipotong melintang dengan serat daging.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement