Kamis 27 Oct 2011 13:55 WIB

Ini 5 Kesalahan yang Kerap Dibuat dalam Memasak Telur Kocok, Mau Tahu?

Telur kocok (Ilustrasi)
Telur kocok (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ada banyak jenis menu sarapan setiap hari, namun telur kocok bukanlah kue. Tekstur yang seharusnya seperti krim  memberi sensasi lembut sarapan kerap kali berubah menjadi mirip spons, keras, kecoklatan dan terlalu matang.

Memang tidak mengapa, karena sebagian besar orang tak paham bagaimana dengan tepat membuat telur kocok. Juga tidak heran bila ada banyak variabel. Apakah anda menggunakan panas tinggi atau rendah? Memberi tambahan krim, air atau tidak? Apa jenis wajan yang cocok?

Untuk mendapat klarifikasi, seorang staf dari dapur uji bon apétit bagaimana mengkoreksi kesalahan umum memasak teluk kocok di rumah. Inilah saran mereka.

1. Jangan terlalu lunak memperlakukan telur-telur anda. Kocoklah dengan baik dan cukup kuat, terutama bila anda ingin menambahkan udara dan volume untuk hasil yang mengembang. Kocoklah telur-telur itu tepat sebelum menuangkan ke wajan. Jangan aduk dan biarkan campuran mengendap-- saran dari Deputy Food Editor, Kay Chun.

2. Jangan tambah susu, krim atau air ke telur. Orang berpikir itu akan membuat telur terasa lebih mirip krim saat dimasak. Faktanya, telur-telur yang ditambah cairan akan berpisah selama proses pemasakan, menghasilkan telur terlalu matang dan basah. Bila ingin masukan creme fraiche setelah kompor dimatikan-- saran dari Mary-Frances Heck, Associate Food Editor

3. Jangan gunakan panas tinggi. Ini soal kesabaran untuk mencapai gumpalan lunak dan halus. Apakah ingin gumpalan kecil (dengan mengaduk sering) atau gumpalan besar (tak sering diaduk) anda harus tetap memasak telur kocok di panas sedang dan mengangkat wajan bila panas terlalu tinggi, hingga mencapai kematangan yang diinginkan. --saran dari Hunter Lewis, Food Editor

4. Jangan masak telur terlalu matang. Angkat wajan dari api beberapa saat sebelum anda berpikir telur telah matang. Wajan panas akan tetap membuat telur masak satu menit kemudian. Juga, pilih wajan besi dengan lapisan anti lengket, bila tidak anda kerepotan untuk membersihkan." --Janet McCracken, Deputy Food Editor

Terakhir, tapi bukan yang tidak penting, singkirkan garpu. Kocok telur dengan spatula tahan panas, atau sendok kayu besar atau untuk gumpalan sempurna, pakai sumpit.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement