Ahad 17 Jul 2011 20:58 WIB

Gelar Sea Games Ramah Lingkungan, Becak dan Gokart Jadi Sarana Transportasi

Rep: Abdullah Sammy/ Red: cr01
Becak, alat transportasi non BBM jadi transportasi alternatif di Sea Games 2011 di Palembang, Sumatera Selatan.
Foto: indodaddy.com
Becak, alat transportasi non BBM jadi transportasi alternatif di Sea Games 2011 di Palembang, Sumatera Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Pantia Pelaksana (Panpel) Sea Games mempersiapkan sejumlah alat transportasi unik bagi peserta ajang olahraga multi event Asia Tenggara itu. Alat transportasi yang disediakan di Kompleks Olahraga Jakabaring berupa kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar fosil.

Ketua KONI Sumatera Selatan, H Mudai Madang, mengatakan pihaknya bertekad mengadakan Sea Games yang ramah lingkungan. "Karenanya seluruh kendaraan menuju dan di area kompleks Jakabaring hanya berbahan bakar gas dan ramah lingkungan," ujarnya, Ahad (17/7).

Kendaraan tradisional becak jadi andalan untuk mengangkut atlet ke venue pertandingan. Total 300 buah becak beserta pengemudinya disiapkan. Bila atlet ingin kendaraan yang lebih personal, sepeda dapat menjadi alternatif. Panitia mendapat bantuan 500 buah sepeda yang akan dialokasikan sebagai kendaraan atlet di Jakabaring.

Kalaupun dua jenis kendaraan masih kurang cepat untuk mengantarkan atlet yang sedang diburu waktu, ada gokart sebagai alternatif. Kendaraan balap mini ini dapat digunakan di sekitar kompleks olahraga. "Semuanya ramah lingkungan. Begitu pun bus yang disediakan semuanya menggunakan bahan bakar gas," tandas Madang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement