Jumat 10 Jun 2011 14:39 WIB

Para Pancing Mania...Lempar Senar di Pulau Enggano Kini Makin Mudah Lho!

.
Foto: .
.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU - Pulau Enggano tak hanya dikenal dengan pantainya yang indah dan alami. Kawasan Pulau Enggano dikelilingi karang alami sebagai sarang ikan dan udang karang berukuran besar. Jadi kalau lempar senar di sini, Anda  tidak hanya menikmati tarikan ikan-ikan besar, tapi berpelung mendapat udang ukuran besar.

Dan asal Anda tahu, perjalanan memancing ke pulau ini kian mudah. Kini, Kapal Motor Raja Enggano Bengkulu selain mengangkut penumpang Bengkulu-Enggano juga siap melayani para pemancing dari luar Bengkulu untuk memancing ke pulau terluar di Bengkulu itu.

"Kami siap melayani pesanan dan mengantar rombongan pemancing mania ke Pulau Enggano," kata Kepala Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Bengkulu Dadan, Jumat. Ikan di wilayah ini, katanya,  sama laparnya dengan ikan di wilayah Perairan Papua.

Berdasarkan keterangan warga Enggano, kata dia, ikan di daerah itu rata-rata di atas 30 kilogram. Bahkan, kata mereka,   ada yang mencapai ratusan kilogram.

Pulau Enggano berjarak sekitar 97 mil dari Kota Bengkulu atau ditempuh dengan transportasi KM Raja Enggano selama sepuluh jam perjalanan. Sebelum sampai ke pulau terpencil itu para pemancing bisa memanfaatkan hobinya memancing ikan dalam perjalanan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu M Tegu A Roni mengatakan, lokasi pemancingan di Perairan Bengkulu selain Pulau Enggano, juga ada Pulau Tikus letaknya sekitar tiga mil laut dari jantung Kota Bengkulu.

Namun bedanya kalau di Pulau Tikus ikan ukuran besar keberadaanya agar kurang, bila dibandingkan dengan ikan yang ada di Pulau Enggano terkenal besar-besar dan sangat buas memangsa umpan pancing dan ikan ukuran kecil lainnya.

"Kami sangat mendukung bila KM Raja Enggano ada gagasan untuk melayani klub pemancing maniak dari luar Bengkulu karena bisa sekaligus mempromosikan wisata pancing di Pulau Enggano dan Pulau Tikus," katanya.

_______________________________

Anda punya pengalaman mengesankan saat mengunjungi tempat-tempat wisata menarik? Kirimkan tulisan Anda beserta foto-foto ke: [email protected]. Tulisan disertai identitas jelas pengirim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement