Selasa 09 Sep 2014 20:05 WIB

Populerkan Wisata Sejarah, Bangka Barat Gelar Lomba Lintas Alam

Bukit Menumbing, Muntok, Bangka Belitung
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Bukit Menumbing, Muntok, Bangka Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, MUNTOK -- Pemkab Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, berupaya memomulerkan wisata sejarah di daerah itu. Salah satunya dengan menggelar lomba lintas alam dengan rute menyusuri daerah perbukitan di sekitar Pesanggrahan Menumbing. 

"Lomba lintas alam ini akan mengambil star di kaki Bukit Menumbing, melewati Pesanggrahan, berputar dan finish di kaki bukit bagian lain," ujar Panitia Lomba Lintas Alam Bangka Barat, Donni Aprillia di Muntok, Selasa.

Dengan lomba ini diharapkan peserta dapat mengenal lebih jauh lokasi pengasingan para pejuang Kemerdekaan RI di daerah tersebut.

Selain untuk mempopulerkan objek wisata sejarah yang ada di lokasi itu, menurutnya, yang akan digelar Ahad (21/9) itu juga diharapkan bisa memupuk rasa memiliki, peduli dan melestarikan kawasan hutan konservasi di bukit berketinggian sekitar 540 meter di atas permukaan laut itu.

"Kami harapkan ada peningkatan jumlah peserta dari tahun sebelumnya, dimana pada 2013 diikuti sekitar 130 regu, baik yang berasal dari daerah ini maupun luar daerah, seperti Pangkalpinang, Sungailiat dan beberapa daerah lain di Pulau Bangka," kata dia.

Ia menjelaskan lomba lintas alam Menumbing 2014 terbuka untuk umum beregu dengan jumlah personel lima orang per regu, pendaftaran gratis di Kantor Dishubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat mulai 1 hingga 19 September 2014.

Syarat lain, katanya, setiap peserta minimal berusia 15 tahun dan wajib menyertakan surat keterangan sehat dari dokter. Bagi regu yang mewakili sekolah harus menyertakan surat keterangan dari sekolah masing-masing.

"Pada saat lomba, kami juga mewajibkan setiap regu membawa peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan, kompas, berseragam dan membawa dua bibit pohon mangga, rambutan atau durian," katanya.

Ia mengatakan bibit pohon yang dikumpulkan setiap regu itu nantinya oleh panitia akan ditanam di beberapa lokasi yang sudah ditentukan sebagai upaya pelestarian lingkungan Bukit Menumbing.

"Panjang lintasan lomba yang akan dilalui peserta sekitar 16 kilometer dengan medan cukup berat, untuk itu kami harapkan seluruh peserta memperdiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa menyelesaikan lomba dengan baik," kata dia.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement