Sabtu 15 May 2010 04:18 WIB

Taiwan Alami Krisis Bayi Tahun Ini

Bayi baru lahir di Rumah sakit Hau Sheng Yuanlin, Changhua, Taiwan
Foto: ABC News
Bayi baru lahir di Rumah sakit Hau Sheng Yuanlin, Changhua, Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI--Tak satupun keluarga yang ingin mempunyai anak "liar". Itulah sebabnya, pasangan di Taiwan menunda kehamilan tahun ini demi menghindari lahirnya "bayi macan", bayi yang lahir di tahun ini atau tahun Macan sesuai kalender Cina. Dampaknya, alat kontrasepsi laris manis dan Taiwan mengalami "krisis bayi" tahun ini.

Kementerian Kependudukan Taiwan menyebutkan, angka kelahiran pada catur wulan pertama tahun ini turun 5.000, turun dari 62.088 pada perode yang sama tahun lalu. Padahal, negara sempalan Cina ini belakangan direpotkan dengan banyaknya kaum muda yang menunda pernikahan.

Itu sebabnya, melalui Wakil Menteri Dalam Negeri Chien Tai-lang pemerintah menyerukan agar warganya tidak percaya tahayul yang menyebut "bayi Macan" merugikan orang tuanya. Mereka mencemaskan kondisinya akan sama dengan tahun 1998 saat jatuh Tahun Macan juga, yaitu angka kelahiran menurun hingga 54.550 dari tahun sebelumnya.

Taiwan adalah negara dengan tingkat kelahiran terendah di dunia. Angka kelahiran di negara ini hanya 8,29 per 1.000 orang pertahun. Bandingkan dengan angka kelahiran global yang mencapai 20 kelahiran per 1.000 orang. Tahun lalu, angka kelahiran di Taiwan mencapai 191.310 orang.

sumber : The Straits Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement