Ahad 29 Jan 2023 06:31 WIB

Interior Rumah Cantik dengan Warna Alam, Ini Kiatnya

AkzoNobel mempersembahkan Wild Wonder sebagai Dulux Colour of The Year 2023.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Palet tren warna 2023 yang terinspirasi dari kekuatan alam.
Foto: dok Dulux
Palet tren warna 2023 yang terinspirasi dari kekuatan alam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mendesain ruangan tentu berpengaruh pada pemilik rumah, salah satunya secara emosional. Pemilihan warna senada dalam ruangan dapat memberi kesan tersendiri.

Warna-warna yang memberi kesan sentuhan alam dinilai menjadi tren tahun ini. Masyarakat dunia, termasuk Indonesia menyukai warna hangat dan sentuhan alam agar menberi rasa ketenangan ketika di ruangan.

Baca Juga

Menurut Nikki Hunt, pendiri Design Intervention, dalam acara bersama Dulux, di Jakarta, masyarakat Indonesia yang umumnya menyukai desain minimalis juga bisa memanfaatkan pemilihan warna pada dinding ruangan.

 

1. Kombinasi Warna

Warna merupakan elemen penting dalam sebuah ruangan. Faktor ini bahkan bisa mengubah ruangan maupun perasaan si pemilik rumah. “Desain minimalis bukan berarti tanpa bermain warna. Kita bisa mengkombinasikan beberapa warna, misalnya kuning dengan hijau juga menarik,” kata desainer asal Singapura itu.

Tren warna di beberapa negara saat ini dianggap lebih bernuansa alam. Ini juga termasuk menjadi minat di Asia seperti Indonesia.

AkzoNobel mempersembahkan Wild Wonder sebagai Dulux Colour of The Year 2023. Palet pertama, Lush, terinspirasi dari warna hutan, kemudian Buzz terinspirasi dari padang rumput hijau. Lalu Raw, terinspirasi dari kekayaan sumber daya alam serta Flow, dari warna pantai yang memberikan kesan siklus kehidupan yang teratur, damai, dan tenang.

 

2. Menjadi kreatif

Pemilihan warna dengan kombinasi elemen interior lain bisa menciptakan desain yang indah. Beberapa elemen dalam interior pada umumnya terdiri atas ruang, pola, bentuk dan pencahayaan. Menurut Niki, pemilik rumah sebenarnya bisa sekreatif mungkin, tidak melulu mengikuti pola sudah ada. “Ciptakan desain outstanding dari semua elemen untuk kombinasi yag kamu inginkan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement