Selasa 25 Oct 2022 16:22 WIB

Hal Ini Jadi Penyebab Utama Tingginya Angka Kanker Payudara pada Perempuan

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak mendera perempuan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mamografi (Ilustrasi). Selain faktor genetik atau keturunan, faktor hormonal serta gaya hidup tidak sehat bisa memicu kanker payudara.
Foto: Torin Halsey / AP
Mamografi (Ilustrasi). Selain faktor genetik atau keturunan, faktor hormonal serta gaya hidup tidak sehat bisa memicu kanker payudara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker payudara merupakan salah satu kanker terbesar yang diidap perempuan Indonesia. Meski juga bisa mengusik laki-laki, kanker payudara umumnya dialami perempuan.

Apa yang menyebabkan kanker payudara paling banyak mengenai perempuan? Prof Noorwati Sutandyo mengatakan, kanker payudara adalah jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita, baik di dunia maupun di Indonesia.

Baca Juga

Di Indonesia, kanker payudara merupakan pembunuh atau angka kematiannya paling besar dibandingkan kanker lain. Ia menjelaskan penyebab kanker payudara itu banyak faktor.

Kanker payudara memiliki dua macam faktor risiko. Ada faktor risiko yang dapat dihindari dan faktor risiko yang tidak dapat dihindari.

Faktor risiko yang tidak dapat dihindari pertama adalah genetik. Untuk faktor risiko yang tidak dapat dihindari, genetik hanya berkontribusi lima sampai tujuh persen.

Selain itu, hormon estrogen atau hormon wanita juga menyebabkan kanker payudara. Mentruasi pada usia terlalu dini (sembilan tahun) juga memicu kanker payudara. Menopause pada usia yang terlalu tua (55 atau 56 tahun) juga menjadi faktor risiko kanker payudara pada wanita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement