Kamis 08 Sep 2022 17:31 WIB

Tanda Seseorang Melakukan Gaslight pada Dirinya Sendiri

Apa itu gaslight dan apa dampaknya pada diri Anda?

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda Anda melakukan gashlight pada diri sendiri. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Tanda Anda melakukan gashlight pada diri sendiri. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog dari Inggris, dr Julie Smith, sering kali mengunggah soal kesehatan mental kepada satu juta pengikutnya di Instagram. Baru-baru ini, ia mengungkapkan bahwa seseorang mungkin saja bisa memantik gaslight dalam dirinya sendiri.

Apa itu gaslight? Istilah itu diciptakan karena terinspirasi dari film Gaslight yang dirilis pada 1944, ketika suami memperdaya pikiran istrinya dengan gaslight hingga istrinya kehilangan akal sehat. Gaslight adalah siksaan psikologis yang terjadi dalam hubungan interpersonal di mana penyiksa melemahkan kepercayaan diri seseorang.

Baca Juga

Ini adalah jenis pelecehan emosional atau psikologis, dan biasanya datang dari pasangan atau anggota keluarga. Tapi dr Smith mengatakan, Anda sebenarnya bisa menyalakan gaslight dari diri sendiri.

Dia menjelaskan, ada tiga tanda bahwa seseorang sedang menyalakan gaslight, dan bagaimana membangun kepercayaan diri hingga menghentikannya. “Tanda pertama adalah kita menyalahkan diri sendiri atas segalanya,” kata dia dalam video yang telah mengumpulkan lebih dari 42 ribu likes, dilansir laman Metro.co.uk, Kamis (8/9/2022).

Tanda kedua adalah Anda tidak mempercayai penilaian diri sendiri. “Kita melihat pendapat orang lain sebagai sumber yang jauh lebih kredibel sehingga kita hidup dalam keraguan diri yang hampir konstan dan mencari kejelasan dari orang lain,” ujarnya.

Tanda ketiga yang dia katakan untuk diwaspadai adalah ketika seseorang mengabaikan perasaan kita sendiri. Anda menjadi terlalu sensitif atau bereaksi berlebihan, dan tidak tahu emosi mana yang harus didengarkan lagi.

Dia mengatakan, gaslight memiliki dampak buruk pada kesehatan mental. "Bagi mereka yang pernah mengalami hubungan yang keras di masa lalu, gaslight dapat menginternalisasi suara pelaku dan belajar untuk memperlakukan diri kita dengan cara yang sama, bahkan lama setelah kita lolos dari situasi tersebut,” kata dr Smith. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement