Senin 16 Sep 2024 18:52 WIB

Akun Smartschoolboy9 Dinilai Meresahkan, Benarkah ‘Predator’ Anak?

Sosok di balik akun Smartschoolboy9 diduga pria berusia 59 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Smart School Boy. Media sosial tengah dihebohkan dengan spekulasi tentang akun Instagram Smartschoolboy9, yang diduga dikendalikan oleh seorang pria berusia 59 tahun bernama David Alter.
Foto: Dok. Instagram/@smartachoolboy9fan
Smart School Boy. Media sosial tengah dihebohkan dengan spekulasi tentang akun Instagram Smartschoolboy9, yang diduga dikendalikan oleh seorang pria berusia 59 tahun bernama David Alter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 

Media sosial tengah dihebohkan dengan spekulasi tentang akun Instagram Smartschoolboy9, yang diduga dikendalikan oleh seorang pria berusia 59 tahun bernama David Alter. Menurut penelusuran dokumenter YouTube, David Alter yang diduga berada di balik akun Smartschoolboy9 kerap berdandan seolah anak remaja untuk memangsa korban anak-anak di media sosial.

Baca Juga

Kontroversi ini pertama kali mencuat di platform Reddit, saat para pengguna menemukan seseorang yang berpura-pura menjadi anak usia sekolah, dengan unggahan foto dan video yang tampaknya hasil rekayasa AI. Anak anak tersebut terlihat memiliki bibir merah besar dan menyampaikan pesan-pesan peringatan tentang predator daring.

Siapa SmartSchoolBoy9 di Instagram?

Dilansir The Direct, Senin (16/9/2024), banyak warganet percaya bahwa identitas asli Smartschoolboy9 di Instagram adalah David Alter. Dugaan ini berasal dari video dokumenter karya Nick Crowley yang menjelaskan tentang bagaimana kontroversi Smartschoolboy9 meresahkan warganet.

Seperti yang dijelaskan secara rinci dalam dokumenter YouTubenya, kontroversi smartschoolboy9 telah menyebar di internet dalam serangkaian spekulasi saat pengguna mencoba mengungkap rahasia di balik unggahan Instagram yang aneh ini. Awalnya akun ini menampilkan foto dan video dari beberapa akun terpisah yang tampak seperti anak-anak usia sekolah yang berbicara di depan umum tentang kehidupan sehari-hari mereka dan berinteraksi satu sama lain.

Meskipun itu mungkin tampak sederhana, isi unggahan tersebut lama-kelamaan semakin abstrak dan aneh. Foto-foto dan video berubah menjadi gambar anak-anak yang dimanipulasi secara digital, dengan ciri-ciri wajah yang diubah seperti bibir merah besar dan wajah putih.

Namun, ada satu akun berbeda. Smartschoolboy9 di Instagram menampilkan sosok yang tampaknya adalah pria dewasa yang mengenakan seragam sekolah, dengan ciri khas bibir merah dan wajah putih seperti yang terlihat pada akun-akun lainnya.

Postingan Smartschoolboy9 biasanya memperlihatkan pria itu melakukan gerakan mulut yang eksplisit ke kamera, atau terlibat dalam fantasi terkait anak-anak sekolah. Banyak warganet mengaitkan akun-akun ini dengan sosok David Alter, berkat referensi seringnya nama David dikaitkan dalam konten mereka.

Di mana SmartSchoolBoy9 tinggal?

Berdasarkan informasi yang diambil dari akun smartschoolboy9, diyakini bahwa pemilik akun ini tinggal di Inggris. Rumor menyebutkan bahwa sosok yang diduga David Alter ini awalnya berdomisili di Doncaster, Inggris Raya, sebelum berpindah ke Streatham, London. Ini semua diasumsikan merujuk pada lokasi yang ditampilkan dalam konten daringnya, termasuk sebutan nama jalan di London serta gambar berbagai lokasi di area London Selatan.

Apakah SmartSchoolBoy9 sudah ditangkap?

Hingga berita ini ditulis, status David Alter (alias smartschoolboy9) masih belum jelas. Meskipun pengguna media sosial terus berupaya mencari tahu detail kehidupan Alter dan menyeret calon predator itu ke pengadilan, tidak diketahui apakah ia telah ditangkap atau tidak, tetapi banyak yang percaya bahwa ia belum ditangkap. Beberapa pengguna Reddit mengeklaim bahwa pihak berwenang setempat mengetahui situasi tersebut dan sedang menanganinya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement