Rabu 11 Sep 2024 09:59 WIB

Radiohead 'Ngeband' Bareng Lagi Setelah 5 Tahun Vakum

Para personel Radiohead latihan band bersama membawakan lagu-lagu lamanya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Vokalis Radiohead, Thom Yorke. Band Radiohead kembali latihan bareng setelah lima tahun vakum.
Foto: EPA/Nigel Roddis
Vokalis Radiohead, Thom Yorke. Band Radiohead kembali latihan bareng setelah lima tahun vakum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah lima tahun vakum, Radiohead akhirnya kembali ke ruang latihan. Colin Greenwood, pemain bas berusia 55 tahun dari band yang populer lewat lagu “Creep”, mengonfirmasi bahwa mereka berkumpul di sebuah studio latihan di London sekitar dua bulan lalu.

Dalam sebuah wawancara video call di Hay Festival Queretaro di Meksiko pada akhir pekan lalu, Colin mengatakan mereka latihan dan memainkan lagu-lagu lama. “Dan itu sangat menyenangkan, sangat menyenangkan,” kata Colin seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (11/9/2024).

Baca Juga

Kabar latihan Radiohead ini muncul bersamaan dengan peristiwa yang tidak menyenangkan dari saudara laki-laki Colin, Jonny Greenwood. Jonny, yang juga menjadi bagian dari grup band The Smile, dilarikan ke unit perawatan intensif setelah menderita infeksi serius. Kondisi ini memaksa The Smile menunda tur Eropa mereka.

The Smile sendiri merupakan band yang digawangi oleh vokalis Radiohead Thom Yorke dan drummer Sons of Kemet, Tom Skinner. Sebuah pernyataan dari The Smile pada 12 Juli mengatakan bahwa Jonny jatuh sakit akibat infeksi serius yang memerlukan perawatan darurat di rumah sakit, termasuk beberapa di antaranya di unit perawatan intensif.

“Untungnya, dia sekarang sudah melewati fase kritis dan akan segera kembali ke rumah. Tim medis yang merawat Jonny menginstruksikan untuk membatalkan semua jadwal sampai dia benar-benar pulih,” kata band tersebut.

Sementara itu, Radiohead terakhir kali menggelar tur pada tahun 2018. Adapun album studio terakhir mereka, A Moon Shaped Pool, dirilis pada 2016.

Pada November tahun lalu, drummer Philip Selway mengisyaratkan bahwa setelah rehat panjang, para anggota band sudah mulai terhubung kembali.

“Kami sudah menjalani masa rehat. Dan kami semua sudah sampai pada titik di mana kami berpikir untuk kembali. Ini terasa seperti sesuatu yang layak kami eksplorasi lagi, dan melihat ke arah mana musik bisa membawa kami,” kata Selway.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement