Senin 22 Jul 2024 10:18 WIB

V BTS Unggah Foto Kentang McD, Banyak Penggemar Kecewa

Ungkapan kekecewaan dan kritik terhadap V BTS dari penggemar terus bergulir

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
V BTS. V dikecam karena mengunggah foto kentang goreng McD.
Foto: Dok. Instagram/@bighit.music
V BTS. V dikecam karena mengunggah foto kentang goreng McD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kim Taehyung atau V BTS membuat para penggemar kecewa setelah mengunggah foto kentang goreng McDonald’s di Instagram pribadinya @thv. Unggahan itu menyebabkan luka mendalam di antara kalangan penggemar, karena V mengunggah foto tersebut atas keinginan sendiri bukan karena tuntutan kerja sama.

Ungkapan kekecewaan dan kritik dari penggemar terus bergulir dan menjadi trending di X. Para penggemar meluapkan kritiknya kepada V dengan menjelaskan bahwa unggahannya itu melukai kemanusiaan.

Baca Juga

“Dear V, brand ini (McD) mengirimkan makanan ke IDF yang membunuh anak-anak dan warga Palestina. Kamu harus meminta maaf dan hapus postingan itu, serta edukasi diri sendiri. Kami mencintaimu dan ingin kamu berdiri bersama kemanusiaa,” kata akun @seokjinni** dikutip Senin (22/7/2024).

“Taehyung, kami memboikot MCD karena mereka mendukung genosida di Palestina, tolong hapus fotonya dan minta maaf. Kami harap setelah ini kamu dapat lebih peduli dengan apa yang terjadi di Palestina,” kata akun @dinxx**.

Sejumlah akun fandom juga mengingatkan V bahwa seorang penggemar di Gaza pernah ditemukan meninggal dunia tertimpa reruntuhan saat rumahnya dibombardir Israel. Jenazah penggemar tersebut dievakuasi bersamaan dengan foto V di dekatnya.

Selain itu, para penggemar juga menyuarakan untuk meng-unfollow akun Instagram V, setelah unggahannya menjadi kontroversi. Namun tampaknya seruan ini tidak terlalu berjalan efektif karena jumlah pengikut V masih bertahan di angka 65,7 juta, hanya turun sedikit dari semula 65,8 juta followers.

McDonald’s menjadi salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar boikot masyarakat, karena disinyalir kuat mendukung genosida Palestina. Boikot ini bermula ketika McD Israel pada Oktober 2023 mengumumkan bahwa mereka memberikan ribuan makanan gratis ke Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan warga Israel. Sementara itu, situasi kelaparan melanda warga Palestina akibat konflik yang sedang berlangsung.

Di tengah gelombang kritik, ada juga sebagian penggemar V yang masih membela tindakan sang idol. Mereka menggulirkan tagar #LeaveTaehyungAlone di X sebagai pembelaan kepada V.

Salah satu akun mengatakan bahwa V tidak bersalah dan mengeklaim foto kentang goreng McDonald’s yang diunggah pada Ahad (21/7/2024) itu diambil pada 2022. Ia juga menilai bahwa McD bukanlah perusahaan yang mendukung zionis Israel.

“Foto kentang goreng diambil pada tahun 2022, di tambah Tae pernah menunjukkan bagaimana dia mendukung Palestina. McDonalds juga bukan produk pro Israel, mereka tidak pernah menyumbangkan uang kepada mereka,” kata akun @zuzzv**.

“Kths tetap kuat dan bersatu. Kita harus mengatasi ini. Jangan biarkan Taehyung sendiri,” kata akun @onlyft**.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement