Selasa 16 Jul 2024 17:48 WIB

Pernikahan Anant Ambani Habiskan Dana Triliunan, Kena 'Sentil' Ekonom India

Rangkaian pesta pernikahan Anant Ambani ditaksir menelan biaya Rp 9,7 triliun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Anant Ambani (kiri) dan Radhika Merchant (kanan). Pernikahan keduanya yang ditaksir menelan biaya hingga triliunan mendapat kritikan dari salah seorang ekonom India.
Foto: Dok. AP Photo/Rajanish Kakade, File
Anant Ambani (kiri) dan Radhika Merchant (kanan). Pernikahan keduanya yang ditaksir menelan biaya hingga triliunan mendapat kritikan dari salah seorang ekonom India.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernikahan Crazy Rich India, Anant Ambani dan Radhika Merchant, telah berlangsung pada 12-14 Juli, setelah melalui berbagai rangkaian pesta pranikah sejak Maret. Seluruh rangkaian pesta pernikahan anak konglomerat India tersebut ditaksir mencapai 600 juta dolar AS atau sekitar Rp 9,7 triliun.

Acara pernikahan inti yang digelar di Jio World Convention dihadiri oleh 2000 tamu dari berbagai kalangan termasuk selebriti global seperti Nick Jonas, Tony Blair, Kim dan Khloe Kardashian, serta Priyanka Chopra. Menurut laporan Vogue India, dekorasi pernikahan Anant dan Radhika sangatlah megah dan dipenuhi bebungaan.

Baca Juga

Terdapat 60 patung hewan yang didesain dari bunga-bunga. Event planner acara, Preston Bailey, memperkirakan setiap patung setidaknya membutuhkan 100 ribu bunga. Bailey juga mengatakan bahwa patung hewan itu dirampungkan dalam waktu tiga pekan.

Dilansir Vogue, Selasa (16/7/2024), acara pernikahan ini diawali dengan upacara hindu bernama Jaimala, di mana Anant dan Radhika bertukar karangan bunga yang melambangkan penerimaan satu sam lain. Kemudian diikuti oleh Kanyadaan atau momen resmi di mana orang tua Radhika memberi restu kepada Anant. Lalu mempelai pengantin melakukan upacara phera yang dilakukan dengan berjalan mengelili api.

Untuk momen suci ini, Radhika mengenakan busana haute couture unik rancangan Abu Jani dan Sandeep Khosla dengan warna merah dan putih, yang menghormati tradisi panetar Gujarat. Ghagra yang dikenakannya dihiasi dengan motif bunga yang rumit beserta dengan batu-batu mulia dan payet. Di atas kepalanya terdapat sebuah veil setinggi 2 meter yang memiliki pola jaali yang halus.

Di lehernya, Radhika mengenakan sebuah ranihaar atau kalung pengantin berwarna zamrud. Radhika mengatakan kepada Vogue bahwa kalung ini merupakan perhiasan milik keluarga.

"Saya mengenakan kalung yang sama dengan yang dikenakan oleh saudara perempuan dan bibi saya pada pernikahan mereka, dan saya benar-benar percaya bahwa kalung ini memberikan saya kekuatan dan berkat khusus," kata Radhika.

Pada Sabtu lalu, keluarga Ambani mengadakan sebuah upacara pemujaan untuk Dewi Saraswati. Radhika mengenakan busana rancangan Jashree Burman yang berkolaborasi dengan Abu Jani serta Sandeep Khosla. Burman dengan rumit melukis seluruh dunia dalam ghagra dengan Lakshmi dan Wisnu di tengah-tengahnya.

Tak luput dari kritik...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement