Senin 17 Jun 2024 14:21 WIB

Banyak Beredar Genset Palsu, Ini Kiat Agar Pilihan Genset Kita Tepat Antisipasi Pemadaman

Peredaran genset palsu sangat merugikan konsumen

Ilustrasi listrik padam. Peredaran genset palsu sangat merugikan konsumen
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Ilustrasi listrik padam. Peredaran genset palsu sangat merugikan konsumen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Di era digital, listrik adalah kebutuhan pokok. Tak heran genset laku keras terutama saat terjadi pemadaman listrik bergilir.

Baru-baru ini terjadi pemadaman listrik hampir secara merata di Sumatra, mulai dari Lampung hingga Aceh. Tak ayal, warga menyerbu toko-toko genset hingga stok habis seperti terjadi di Lampung pada awal Juni 2024.

Baca Juga

 

Warga perlu lebih hati-hati dalam memilih genset. Ini karena ada genset palsu yang diedarkan pihak-pihak tak bertanggung jawab.

 

Seperti genset Isuzu Jiangxi mereka menyebut bisa ditemukan genset Isuzu palsu. Sekilas memang terlihat sama dikarenakan model yang serupa. 

Namun kualitas yang berbeda serta nomor seri yang tertera bukanlah nomor milik merek genset tersebut. Isuzu asli sendiri memiliki nomor seri JE493DB sedangkan pada Isuzu palsu memiliki seri tipe 4JB1.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui genset asli dan palsu? Berikut membedakan genset asli isuzu  dan palsu.

Ciri genset Isuzu Asli 

•  Memiliki sertifikasi standarisasi ISO 9001

•  Dilengkapi dengan Certify Card dan COO (Certificate Of Origin)

•  Tipe engine JX ISUZU original JE493DB dengan kapasitas 25,30,40 KVA

•  Garansi, sparepart, purnajual semua resmi dari JX ISUZU

•  Authorization (surat penunjukan resmi) dari JX ISUZU 

•  Surat tanda pendaftaran sebagai distributor barang produksi luar negeri.

Ciri genset Isuzu Palsu

* Tidak ada sertifikasi resmi

* Tipe engine 4JB1

* Tidak memiliki garansi resmi dari JX ISUZU

Keunggulan genset asli Isuzu

* Emisi gas buangan lebih bagus

* Pemakaian 24 jam

* Ketahanan mesin yang maksimal

* Sparepart Asli lebih mudah ditemukan

* Standart ISO

  • Memiliki COO (certificate of origin)

Tipe dan ukuran Isuzu Jiangxi

Genset Isuzu Jiangxi sendiri memiliki tipe mesin dengan kapasitas yang cukup besar yang dapat digunakan untuk kebutuhan industry dan perusahaan. Dan pertama kali muncul, sudah banyak yang menantikan produk satu ini karena adanya kualitas yang dimiliki olehnya. 

Suksesnya peluncuran dan juga banyaknya minat akan genset Isuzu ini membuat banyaknya pihak tidak bertanggung jawab yang menyerupai produk tersebut. Terbukti sudah banyak diluncurkan produk yang serupa dengan membawa nama brand Isuzu. 

Tentunya bagi mereka yang tidak mengetahui seperti apa diesel Isuzu Jiangxi yang asli tidak mengetahui apa yang menjadi perbedaannya. Isuzu Jiangxi memiliki 3 tipe serial asli yang sudah diedarkan, antara lain :

Tipe dan ukuran Isuzu Jiangxi :

* 493DB/D2 = 25 KVA

* JE4932DB/04 = 30 KVA

* JE49321DB/02 = 40 KVA

Setiap tipe serial memiliki keunggulan masing-masing dan memiliki ukuran tenaga yang berbeda. Tipe dan serial tersebut terdapat pada stiker pada genset yang ini tentunya bisa menjadi bukti keaslian produk. Dikarenakan adanya daya tenaga yang besar sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan menjadikan produk ini sangat terpercaya. 

Selain itu juga keunggulan lain yang dimiliki dari diesel Isuzu ini yaitu dalam menemukan sparepartnya pun sangat mudah ditemukan yang kini sudah hadir PT Globalindo Diesel Indonesia tidak hanya menyediakan kebutuhan untuk genset Isuzu Jiangxi yang asli, namun juga terdapat sparepart atau komponen genset yang dijual dengan harga terjangkau dan pastinya memudahkan anda untuk mendapatkan genset dengan kualitas terpercaya.

Certificate dan perizinan

Isuzu Jiangxi sendiri sudah mendapatkan izin resmi yang tentunya ini menjadi salah satu pengakuan bahwa Isuzu Jiangxi sudah terdaftar secara resmi. Sekaligus mengacu pada keaslian suatu produk. Adapun untuk serifikat yang diterima di antaranya :

 

* ISO 9001 (International Organization for Standarization) organisasi yang menerapkan standar boleh tidaknya suatu produk.

 

* COO (Certificate of Origin) dari mesin dan alternator yang dibeli; Nomor serial mesin dan alternator yang dipakai. Merupakan sertifikat yang menyatakan keaslian dari produk.

Dengan adanya surat perizinan resmi dan sertifikat resmi yang dimiliki oleh Isuzu Jiangxi ini tentunya menjadi salah satu alasan untuk memilih produk yang terpercaya.

 

Harga

Dengan spesifikasi yang sempurna pastinya banyak yang bertanya berapa harga untuk set Isuzu Jiangxi. Untuk harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan bisa disesuaikan kebutuhan. 

 

Berbeda dengan Isuzu palsu yang menawarkan harga murah dan tidak masuk akal. Dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi serta performa yang mantap tentu ini adalah salah satu pilihan yang terbaik.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement