Jumat 07 Jun 2024 13:30 WIB

'Taklukkan' Cuaca Terik: Ini Tips Jitu Jaga Tubuh Tetap Sehat dan Nyaman

Upayakan mengurangi kegiatan di luar ruangan saat sinar matahari paling terik.

Warga beraktivitas saat cuaca panas di Jakarta (ilustrasi). Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk tetap sehat dan nyaman saat cuaca panas.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga beraktivitas saat cuaca panas di Jakarta (ilustrasi). Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk tetap sehat dan nyaman saat cuaca panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat cuaca panas terjadi di Indonesia, menjaga kesehatan dan kenyamanan merupakan hal yang sangat penting. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk tetap sehat dan nyaman:

1. Hindari paparan langsung sinar matahari

Baca Juga

Upayakan untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan pada pukul 10.00 hingga 16.00 saat sinar matahari paling terik. Jika memang harus keluar, gunakan pelindung seperti topi lebar, payung, atau pakaian longgar yang menutupi kulit.

2. Gunakan pakaian yang sesuai

 

Gunakan pakaian yang ringan, longgar, dan berwarna terang. Bahan-bahan seperti katun sangat cocok karena memungkinkan udara mengalir lebih baik sehingga Anda tetap lebih sejuk.

3. Tetap terhidrasi

Pastikan untuk minum air dalam jumlah cukup sepanjang hari. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti pusing, sakit kepala, dan kelelahan. Hindari minuman berkafein dan beralkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi.

4. Makan dengan bijaksana

Konsumsi makanan yang ringan dan mudah dicerna, seperti buah-buahan dan sayuran segar. Hindari makanan berat dan berlemak yang dapat membuat tubuh merasa lebih panas.

5. Gunakan tabir surya

Selalu aplikasikan tabir surya dengan SPF tinggi setiap kali Anda keluar rumah, terutama di daerah kulit yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Ini akan membantu melindungi kulit dari risiko terbakar matahari dan kanker kulit.

6. Ciptakan lingkungan sejuk di rumah

Gunakan kipas angin, pendingin ruangan (AC), atau ventilasi alami dengan membuka jendela dan pintu untuk menciptakan aliran udara. Menempatkan tanaman dalam ruangan juga dapat membantu mendinginkan suhu udara di dalam rumah.

7. Istirahat yang cukup

Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur, karena kelelahan dapat memperburuk reaksi tubuh terhadap cuaca panas. Cobalah untuk tidur di ruangan yang sejuk dan gunakan seprai yang ringan.

8. Mandi air dingin

Mandi air dingin tidak hanya akan menyegarkan tubuh tetapi juga membantu menurunkan suhu tubuh. Anda juga dapat mengompres tubuh dengan handuk dingin untuk memberikan sensasi sejuk.

9. Waspadai tanda-tanda heatstroke

Kenali tanda-tanda heatstroke seperti peningkatan suhu tubuh, kulit memerah dan kering, sakit kepala hebat, mual, muntah, dan kebingungan. Jika gejala tersebut muncul, segera cari pertolongan medis.

10. Berolahraga dengan bijak

Jika Anda tetap ingin berolahraga, pilihlah waktu yang lebih dingin seperti pagi hari atau malam hari. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan yang cukup serta bawalah air minum untuk memastikan hidrasi yang cukup. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh meskipun berada di bawah teriknya cuaca panas di Indonesia.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan diverifikasi oleh Tim Redaksi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement