Sabtu 01 Jun 2024 18:01 WIB

Apa bedanya 'Tanggal Kedaluwarsa' dan 'Tanggal Baik Sebelum'?

Tanggal kedaluwarsa berbeda dengan tanggal baik sebelum waktu tertentu.

Ada makanan lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri setelah jangka waktu tertentu.
Foto:

Artinya, apabila suatu pangan kemasan tertentu dikemas pada tanggal 10 April 2024 dan tanggal best before adalah 3 bulan, maka pangan tersebut harus dikonsumsi paling lambat tanggal 10 Juli 2024 untuk menjamin kualitas, rasa dan gizinya tetap sama. Namun, setelah tanggal terbaik sebelum, makanan tersebut mungkin masih aman untuk dimakan.

"Setelah tanggal best before, produk makanan mungkin kehilangan rasa, kesegaran, aroma atau nutrisi. Ini tidak berarti bahwa makanan tersebut tidak lagi aman untuk dikonsumsi," tulis Food Safety and Standards Authority of India (FSSAI) melalui akun X.

Tanggal kedaluwarsa

Tanggal kedaluwarsa menunjukkan tanggal dimana makanan tersebut tidak aman untuk dikonsumsi. Meskipun makanan masih dapat dikonsumsi setelah tanggal kadaluarsa, hal ini dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan setelah tanggal tersebut.

“Jika tanggal kedaluwarsanya adalah 30 Juni 2020 maka setelah tanggal tersebut makanan tersebut tidak aman digunakan dan dapat membahayakan kesehatan Anda,” kata FSSAI.

FSSAI menyarankan jangan pernah mengonsumsi makanan yang telah melewati tanggal kadaluarsa tersebut, karena mungkin tidak aman untuk dikonsumsi dan dapat menyebabkan bahaya kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement