Selasa 28 May 2024 20:44 WIB

Dituding Bonceng Ketenaran Drakor 'Lovely Runner', Netflix Kena 'Tegur'

Drama Korea 'Lovely Runner' tidak tayang di Netflix.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di drama Korea Lovely Runner. Netflix dituding membonceng ketenaran drakor tersebut karena kerap mengunggah konten yang berkaitan dengan pemain drakor itu. Padahal drakor tersebut tak tayang di Netflix.
Foto: Dok. TvN
Salah satu adegan di drama Korea Lovely Runner. Netflix dituding membonceng ketenaran drakor tersebut karena kerap mengunggah konten yang berkaitan dengan pemain drakor itu. Padahal drakor tersebut tak tayang di Netflix.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para penggemar drama Korea (drakor) menuding Netflix memanfaatkan kesuksesan serial drakor populer terbaru "Lovely Runner". Meski tidak tayang di Netflix, media sosial platform streaming tersebut terus-menerus membuat unggahan tentang serial itu.

Dikutip dari laman Koreaboo, Selasa (28/5/2024), selama ini Netflix memang menayangkan beberapa drakor hit. Sebut saja "Crash Landing on You" dan "Queen of Tears" yang memegang rekor acara TVN dengan rating tertinggi. 

Baca Juga

Dengan "Lovely Runner" yang sedang menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia, banyak yang menyayangkan Netflix sengaja "mengambil keuntungan" dari serial TVN yang juga dikenal dengan judul "Run Away With Sun-Jae On Piggyback" itu.

Pemeran serial itu adalah Byeon Woo-seok dan Kim Hye-yoon, yang menghidupkan tokoh Ryu Sun-jae dan Im Sol. Tayangan komedi romantis yang diadaptasi dari komik web "Tomorrow’s Best" karya penulis skenario Lee Si-eun.

 

Saat "Lovely Runner" ditayangkan, akun media sosial Netflix semakin banyak membagikan postingan yang menampilkan aktor Byeon Woo-seok dan Kim Hye-yoon. Netflix menyertakan klip dari berbagai drakor para aktor, yang hak distribusinya dimiliki platform itu. 

Bagian komentar pada postingan tersebut dipenuhi dengan netizen yang menegur Netflix. Beberapa menyarankan agar Netflix membeli "Lovely Runner" dan/atau memilih pemeran utama dalam proyek baru bersama-sama. Bahkan, distributor internasional serial, platform streaming Rakuten Viki, ikut menyindir Netflix di kolom komentar.

Saat ini, "Lovely Runner" menduduki peringkat satu di 130 wilayah pada pekan keenam penayangannya. Prestasi ini dicapai selama enam pekan berturut-turut di 109 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris Raya, Meksiko, Kanada, Brasil, dan Prancis.

Menurut Nielsen Korea, "Lovely Runner" awalnya memiliki rating penonton sebesar tiga persen saat penayangan perdananya, namun mencapai 4,8 persen pada episode ke-14. Angka itu tergolong kecil jika dibandingkan dengan "Queen of Tears" yang rata-rata ratingnya 28,4 persen.  

Namun, jika didasarkan pada Korea Selatan. "Lovely Runner" terbukti menjadi viral terutama secara internasional. Tving melaporkan pangsa penayangan real-time "Lovely Runner" sebesar 94 persen di antara semua saluran langsung dalam slot waktu yang sama. 

Di layanan streaming regional Asia, Viu, peringkatnya terpantau tinggi di Indonesia, Singapura, dan Malaysia pada pekan pertama bulan Mei, dari 29 April hingga 5 Mei 2024. Banyak warganet menyebut "Lovely Runner" tidak memerlukan Netflix, melainkan Netflix yang membutuhkan "Lovely Runner". 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement