Jumat 24 May 2024 09:23 WIB

Menikmati Kuliner Kuah Beulangong dalam Pertemuan Warga Aceh se-Jabodetabek

Kuah beulangong merupakan masakan khas Aceh berupa gulai daging.

Kuliner khas Aceh kuah beulangong dalam Festival Kuah Beulangong 2024 di Buperta Cibubur, Jakarta, Kamis (23/5/2024).
Foto: Panitia Halalbihalal TIM
Kuliner khas Aceh kuah beulangong dalam Festival Kuah Beulangong 2024 di Buperta Cibubur, Jakarta, Kamis (23/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 10 ribu warga Aceh di Jabodetabek melepas rindu dengan tanah "indatu" (nenek moyang) lewat kuliner tradisional kuah beulangong, gulai daging khas provinsi paling barat Pulau Sumatera itu dalam acara Festival Kuah Beulangong 2024.

"Acara ini juga terbuka bagi warga luar Aceh yang ingin mengenal tradisi, budaya dan kuliner Aceh yang merupakan bagian dari warisan budaya Indonesia," kata Ketua Panitia Iskandar Kasly di Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Baca Juga

Festival kuliner itu dilaksanakan bersamaan dengan halalbihalal 1445 Hijriyah yang digelar Taman Iskandar Muda (TIM) sebagai induk organisasi paguyuban masyarakat Aceh di perantauan, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (23/5).

Halalbihalal turut diisi dengan kenduri 30 kuah beulangong, bazar aneka kuliner, dan produk khas Aceh. Kemudian, penampilan atraksi kesenian Aceh seperti zikir barzanji dan dalail khairat, tari ranup lampuan, tari ratoh jaroe, tari tarek pukat, tari guel Gayo, debus, hingga musikalisasi puisi oleh seniman juga sastrawan nasional Fikar W Eda.

Kuah beulangong merupakan masakan khas Aceh berupa gulai daging serta nangka muda atau bisa diganti bahan lain, seperti labu air, pisang muda dan lainnya. Nama kuliner tersebut berasal dari kata belanga atau kuali besar sebagai wadah memasak gulai dengan bumbu rempah yang semakin memperkaya citarasa.

Biasanya proses memasak kuah beulangong dilakukan oleh kaum pria dan disajikan untuk hari-hari besar di Aceh, seperti maulid, hari raya, dan buka puasa. Namun, saat ini bisa dinikmati di warung-warung makan khas Aceh di Aceh.

Acara makin meriah dengan aksi hiburan yang ditampilkan artis-artis Ibu Kota asal Aceh, seperti Ozy Syahputra, Teuku Edwin 'Super Bejo', Adi KDI, Akhsin Zaidi alias Axin Zay X-Factor Indonesia, Cut Aja Rizka, dan Wafa Zulfikar.

Iskandar mengatakan halalbihalal... Baca di halaman selanjutnya...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement