Ahad 05 May 2024 06:25 WIB

Pandemi Sudah Lewat, Pakar Sesali Laporan Baru WHO Soal Cara Penularan Covid-19

WHO sempat tidak mau mengategorikan Covid-19 sebagai penyakit airborne.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi).  WHO mengeluarkan laporan terbarunya tentang cara penularan Covid-19.
Foto:

Di masa-masa awal pandemi Covid-19, WHO sempat tidak mau mengategorikan Covid-19 sebagai penyakit airborne. Kala itu, Covid-19 diyakini dapat menyebar melalui droplet dari orang yang terinfeksi.

Oleh karena itu, Covid-19 sempat dikategorikan sebagai penyakit yang ditransmisikan melalui droplet. Baru pada 2020, WHO mengakui Covid-19 sebagai penyakit yang ditransmisikan secara airborne seperti tuberkulosis dan campak.

Pakar virus pernapasan dan salah satu penulis panduan baru WHO, dr Don Milton, turut berkomentar mengenai temuan ini. Berdasarkan temuan terbaru ini, dr Milton menilai cuci tangan dan menghindari kontak dengan benda yang terkontaminasi tak lagi terlalu signifikan dalam upaya pencegahan penularan virus pernapasan.

"Kita tahu bahwa (cuci tangan dan menghindari kontak dengan benda seperti gelas) penting untuk mencegah penularan infeksi pencernaan. Seberapa pentingnya hal tersebut untuk (mencegah penularan) virus-virus pernapasan, saya pikir tidak begitu penting," tutur dr Milton, seperti dikutip dari Daily Mail pada Ahad (5/5/2024).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement