Kamis 02 May 2024 20:13 WIB

Tips Memanggang Yakiniku Agar Lembut dan Juicy dari Chef Enomoto Okuto

Daging untuk yakiniku harus dipanggang dengan cara tepat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Menu karubi jyu set di restoran khas Jepang, Karubi Maru.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Menu karubi jyu set di restoran khas Jepang, Karubi Maru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyantap yakiniku alias sajian daging yang dipanggang bersama keluarga dalam momen kebersamaan tentu menjadi hal yang menyenangkan. Supaya mendapat tekstur daging yang pas, daging untuk yakiniku harus dipanggang dengan cara tepat.

Kepala koki di gerai restoran yakiniku khas Jepang Karubi Maru, Chef Enomoto Okuto, menyarankan untuk memilih daging yang tepat. Menurut Enomoto, daging karubi (daging sapi yang diiris tipis) dari bagian iga belakang pas untuk diolah menjadi yakiniku.

Baca Juga

"Dalam memanggang yakiniku, sebaiknya daging tidak dipanggang terlalu lama. Yakiniku yang dimasak secara sempurna akan menghasilkan daging yang lembut, bertekstur, juicy, dan menciptakan rasa yang umami (gurih)," ujar Chef Enomoto pada pembukaan gerai Karubi Maru di Kota Bogor.

Chef yang menekuni keahliannya di industri kuliner selama lebih dari 30 tahun itu juga menerapkan hal serupa untuk sajian yakiniku di Karubi Maru. Enomoto menyampaikan, Karubi Maru menggunakan daging sapi berkualitas yang segar serta dimarinasi dengan bumbu resep khusus yang dia racik.

Pria yang pernah menjadi juru masak di Jepang, Amerika Serikat, dan Jamaika tersebut berusaha menghadirkan cita rasa autentik Jepang di berbagai menu Karubi Maru. Ada pakem cita rasa Jepang yang dipertahankan, tapi juga menyesuaikan dengan selera Indonesia.

Enomoto mengatakan salah satu tantangan menyajikan yakiniku khas Jepang di Indonesia adalah pemilihan bahan. Karena Karubi Maru menggunakan bahan-bahan halal yang tersedia di Indonesia, Enomoto pun meracik bumbu marinasi khusus tanpa mirin dan alkohol. 

Dia memastikan berbagai menu di Karubi Maru sudah melewati kontrol kualitas dengan standar tinggi. Karena mengusung konsep open kitchen, pengunjung bisa melihat langsung proses memasak oleh para koki di gerai Karubi Maru. 

Di Karubi Maru, digunakan alat panggang jet oven untuk proses memasak yakiniku karena dapat memberikan tingkat hasil kematangan yang merata. "Oven ini memastikan cita rasa yang konsisten pada setiap potongan daging yang dibakar," kata Enomoto.

Selama kariernya, Enomoto telah membantu mengembangkan lebih dari 100 outlet kuliner di Jepang. Dia juga pernah meraih penghargaan Excellence Award di Tokyo Metropolitan Cooking Contest selama tiga tahun berturut-turut, apresiasi terhadap keahliannya memasak masakan khas Jepang dengan menerapkan teknik-teknik asli dari negara tersebut.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement