Ahad 14 Apr 2024 18:45 WIB

Makanan di Acara Halalbihalal Enak-Enak, Bagaimana Cara Jaga Badan Supaya Tetap Sehat?

Pertahankan gaya hidup sehat selama libur Lebaran.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan saat halalbihalal (ilustrasi). Usahakan makan dengan gizi seimbang saat libur lebaran.
Foto: Dok. Freepik
Makanan saat halalbihalal (ilustrasi). Usahakan makan dengan gizi seimbang saat libur lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama periode libur Lebaran sering kali diisi dengan beragam aktivitas, mulai dari mudik, makan bersama, halalbihalal mengunjungi sanak saudara, hingga berwisata. Di tengah beragamnya aktivitas ini, penting untuk memastikan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Setidaknya ada enam hal yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh selama beraktivitas di kala libur Lebaran. Berikut ini adalah keenam hal tersebut, seperti dilansir Times Now News pada Ahad (14/4/2024).

Baca Juga

Makan seimbang

Beragam hidangan lezat khas Lebaran umumnya tinggi akan kandungan lemak jenuh dan gula. Hidangan-hidangan ini tentu boleh dinikmati selama tidak berlebih.

Konsumsi hidangan khas Lebaran juga perlu diimbangi dengan pola makan yang seimbang dan lebih sehat. Misalnya, memulai sarapan dengan asupan tinggi protein dan menambahkan sayur serta buah segar setiap kali menyantap makan besar. Pola makan yang seimbang dapat membantu mencegah terjadinya makan berlebih selama libur Lebaran.

Jaga hidrasi

Asupan cairan yang cukup sangat penting untuk diperhatikan, terlebih setelah mengonsumsi banyak makanan asin dan manis. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, ada baiknya membawa botol minum berisi air putih selama beraktivitas di musim libur Lebaran. Upayakan untuk minum air putih sesuai kebutuhan tubuh masing-masing.

Makan secara mindful

Mencicipi makanan khas Lebaran yang bervariasi merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Akan tetapi, jangan lupa untuk memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement