Senin 08 Apr 2024 10:39 WIB

Apakah Hybe Memang Lakukan Payola untuk Jamin Kesuksesan Debut ILLIT?

ILLIT sukses dengan lagu debut Magnetic.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop baru besutan agensi Hybe, ILLIT.
Foto:

Yang terpenting, mesin rekomendasi dan hasilnya bergantung pada komitmen Spotify untuk menghadirkan perjalanan musik yang dipersonalisasi. Oleh karena itu, para penggemar mengeklaim bahwa AI aplikasi ini dirancang untuk memperkenalkan musik baru yang mungkin disukai pendengar, berdasarkan pada interpretasi algoritmik dari kebiasaan dan tren pengguna, bukan pada kesepakatan yang mendukung konten tertentu.

"Rekomendasi ini digunakan berdasarkan data dan perilaku pengguna, bukan transaksi keuangan yang bertujuan untuk mempromosikan konten tertentu," tulis @runxchoxoxi.

"Alat-alat ini dirancang untuk memperkenalkan musik kepada pendengar yang relevan, bukan menjamin playtime, dan alat-alat ini beroperasi sesuai pedoman Spotify untuk memastikan keadilan dan transparansi."

Meskipun perdebatan mengenai dugaan praktik payola Hybe untuk lagu "Magnetic" ILLIT di Spotify masih terus berlanjut, penting untuk diingat bahwa semua klaim ini tidak terverifikasi. Sebab, hal tersebut berasal dari teori penggemar dan bukan bukti nyata. Hubungan antara kesuksesan streaming ILLIT dan potensi payola masih bersifat hipotesis dan spekulatif.

Terlepas dari tuduhan dan pembelaan, ILLIT menikmati debut menarik dan kesuksesan yang menyertainya. Grup yang beranggotakan lima orang ini diperkirakan akan debut di Billboard's Hot 100 pada Jumat (12/4/2024). Ini menjadi yang pertama bagi grup K-Pop mana pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement